Sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bisnis dan pengembangan produk parekraf,
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mendorong program Floratama Academy 5.0 menjadi pilar penting dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Pulau Flores, Lembata, dan Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) serta dua kecamatan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
"Sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bisnis dan pengembangan produk parekraf," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Kamis.
 
Frans Teguh berharap Floratama Academy 5.0 tahun 2024 dapat dilakukan lebih optimal setelah  diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.
 
"Sejak penyelenggaraan pada tahun 2021 hingga tahun 2023, animo peserta relatif bagus dan saya berharap, bersama-sama kita bisa memperkuat dan meningkatkan kualitas produk parekraf melalui rangkaian kegiatan Floratama Academy," ungkapnya.
   
Ia menjelaskan Floratama Academy 5.0 tahun 2024 membuka dua kategori program pendampingan yaitu Seed Group dan Growth Group.
 
Kategori Seed Group merupakan kategori program pendampingan bagi unit usaha yang aktif di bawah dua tahun dan belum memiliki legalitas usaha dan unit usaha yang berbasis masyarakat desa atau komunitas aktif di wilayah Floratama.
 
Kategori Growth Group merupakan program pendampingan bagi unit usaha tahap lanjut atau aktif lebih dari dua tahun di wilayah Floratama dan memiliki legalitas dan unit usaha yang berbasis masyarakat desa atau komunitas aktif di wilayah Floratama.
 
"Program inkubasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengusaha parekraf yang mencakup 13 bidang pariwisata dan 17 subsektor ekonomi kreatif di Kawasan Floratama ini berbasis people (masyarakat), planet (lingkungan), dan prosperity (kesejahteraan bersama)," katanya.
   
Sementara itu program inkubasi pengusaha ekonomi kreatif di wilayah Flores, Lembata, Alor, dan Bima ini akan melaksanakan webinar Kick Off pada 19 Juli 2024 secara hybrid dengan tema "Transformasi Usaha Parekraf di Era Digital"*.
 
Webinar Kick Off ini dapat diikuti Sobat Floratama melalui zoom meeting pada link https://bit.ly/KickOffWebinarFA2024 atau Meeting ID: 849 7018 4148 dengan Password: Parapuar.

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024