Saya harap, melalui acara ini semakin meningkatkan kepedulian dalam menguatkan tumbuh kembang anak di Kota Kediri
Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri Jawa Timur membagikan santunan kepada 1.689 anak yatim piatu di kota ini, dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke-1145.

“Bertepatan dengan Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri, kami ingin berbagi bahagia bersama anak-anak. Saya harap, melalui acara ini semakin meningkatkan kepedulian dalam menguatkan tumbuh kembang anak di Kota Kediri," kata Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah di Kediri, Kamis.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh keluarga hingga pendamping anak-anak tersebut, sebab perannya yang positif mendukung tumbuh kembang anak-anak itu.

"Terima kasih dan apresiasi juga kepada bapak-ibu semua, para pendamping dan seluruh masyarakat Kota Kediri, yang telah berbagi waktu, tenaga, kebahagiaan, dan pengetahuan dengan anak-anak yatim ini. Semoga menjadi catatan amal ibadah semuanya,” ujarnya.

Zanariah juga meminta kepada anak-anak agar rajin belajar dan berani punya cita-cita yang tinggi.

Dia juga mengingatkan agar anak-anak untuk jangan lupa mengaji bagi yang Muslim, dan bagi nonmuslim selalu rajin berdoa. Anak-anak tersebut memiliki hak yang sama untuk meraih pendidikan, berkembang, dan menggapai impian.

"Jadilah teladan bagi teman-teman dan dengan menjalani hidup penuh semangat, ketulusan, dan kejujuran, maka akan menginspirasi banyak orang di sekitar," katanya.

Pj Wali Kota Kediri itu juga berharap di usia Kota Kediri yang ke-1145 ini, kota ini tambah berkah dan menjadi lebih baik lagi.

Karena itu dia juga mengajak kepada semua pihak berkolaborasi memastikan anak-anak Kota Kediri sehat tanpa stunting, dan bersama-sama melindungi anak-anak dari perundungan baik fisik maupun verbal untuk mewujudkan Indonesia maju.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan atensi anak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) kepada 71 anak oleh Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung Jawa Tengah.

Lalu juga diserahkan bantuan berupa alat-alat terapi (alat fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi wicara) sebesar Rp60 juta dari Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung Jawa Tengah kepada Dinas Sosial Kota Kediri.

Sebelum pemberian santunan, acara diisi dengan penampilan menarik anak-anak, yakni dai cilik, pantomim, tarian tradisional, pencak silat, dan juga dalang cilik.

Proses penyerahan santunan dilakukan di halaman Balai Kota Kediri dihadiri anak-anak yang mendapatkan santunan tersebut.

Hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Kediri Andi Mirnawaty, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Firdaus, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Kediri Mandung Sulaksono, Asisten Administrasi Umum Pemkot Kediri Tanto Wijohari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Kediri Ferry Djatmiko, Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung Kementerian Sosial RI Margowiyono.

Hadir juga Pimpinan Cabang Bank Jatim Kediri Subeki, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, camat dan lurah se-Kota Kediri, Segenap Kepala Lembaga Kesejahtreaan Sosial Anak (LKSA) se-Kota Kediri, Relawan Sosial (Pekerja Sosial, TRC, Tagana, TKSK, PKH, Sakti Peksos, Pendamping ODGJ), dan anak yatim penerima santunan di Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024