Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolri Cup siap menjadi ajang unjuk gigi para talenta muda Indonesia sesuai dengan tema peringatan Hari Bhayangkara ke-78 “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

“Tidak terlepas dari tema HUT Bhayangkara kali ini, salah satu sub kegiatan di sini adalah kegiatan keolahragaan, salah satunya bulu tangkis, dimana masih menjadi salah satu olahraga paling populer bagi masyarakat Indonesia,” kata Karopenmas Divhumas Polri Trunoyudo Wisnu Andiko dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Hadirnya Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolri Cup pun ia sebut menjadi salah satu aktivitas yang melibatkan masyarakat umum dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Bhayangkara ke-78.

“Pembinaan olahraga yang berkelanjutan menjadi tolok ukur ketercapaian prestasi suatu bangsa,” kata Trunoyudo.

“Dengan pertandingan olahraga yang diselenggarakan dapat membantu mencapai tujuan untuk menyiapkan talenta-talenta muda agar potensi prestasi serta industri olahraga terus berkembang hingga ke pelosok negeri,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kejuaraan bulu tangkis yang juga didukung oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) turut menjadi langkah pembinaan untuk mengasah bakat dan keterampilan para peserta agar dapat meraih prestasi di level yang lebih tinggi di masa depan.

“Dalam rangka pembinaan kepada bibit-bibit pembinaan prestasi di bulu tangkis, kami menyelenggarakan di tgl Kapolri Cup ini di tanggal 22-27 Juli di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta dan GOR Kecamatan Pulogadung,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno.

Lebih lanjut, terdapat dua kategori pertandingan, yaitu umum dan kelas Polri. Untuk kategori umum, terdapat tiga kelompok umur yaitu U-15, U-17, dan U-19. Ketiga kelas tersebut mempertandingkan lima sektor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Sementara, dari kategori Polri ada tiga pasangan ganda putra.

Juara Kapolri Cup nantinya akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan medali, hingga satu piala untuk juara umum.

“Kami berharap Kapolri Cup bisa terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya, sehingga Kapolri Cup bisa menjadi kalender tetap dari PBSI setelah memenuhi sejumlah persyaratan,” jelas Edi.

“Polri sendiri juga memiliki komitmen untuk membantu pembinaan dan peningkatan prestasi atlet melalui jalur mereka,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Persaingan di turnamen bulu tangkis junior semakin merata

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024