Apabila tidak menyerahkan surat keputusan tersebut, rektor terpilih dinyatakan mengundurkan diri
Solo (ANTARA) - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menetapkan Prof Hartono sebagai rektor terpilih masa jabatan 2024-2029.

Ketua MWA UNS Muliaman Darmansyah Hadad di Solo, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan MWA sudah mengadakan Rapat Pleno MWA Pemilihan Rektor yang dihadiri sebanyak 16 anggota MWA.

"Sebelum agenda pemilihan rektor berlangsung, MWA mengundang seluruh calon rektor untuk menyampaikan paparan mengenai visi, misi, dan program kerjanya di hadapan MWA," katanya.

Baca juga: Enam orang mendaftar jadi bakal calon Rektor UNS

Ia mengatakan setiap calon rektor diberi waktu 15 menit untuk melakukan pemaparan. "Pendalaman visi, misi, dan program kerja para calon rektor dilakukan melalui tanya jawab oleh MWA selama 20 menit untuk masing-masing calon rektor," katanya.

Berdasarkan hasil paparan dan hasil pendalaman, lanjutnya, MWA melakukan musyawarah dan mufakat dengan suara bulat menetapkan Prof Dr Hartono sebagai rektor terpilih Universitas Sebelas Maret masa jabatan 2024-2029.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 44 ayat (1), Ayat (2), dan Ayat (3) Peraturan Majelis Wali Amanat Nomor 4 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Jabatan 2024-2029, rektor terpilih harus menyerahkan surat keputusan pemberhentian dari jabatannya kepada MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor (PPR) paling lambat pada 1 Agustus 2024. 

Baca juga: Lima bakal calon rektor UNS jalani uji publik 

"Apabila tidak menyerahkan surat keputusan tersebut, rektor terpilih dinyatakan mengundurkan diri," kata Muliaman.

Sementara itu dengan ditetapkannya Hartono sebagai rektor terpilih, maka agenda pemilihan rektor yang tersisa yaitu pelantikan rektor terpilih pada 8 Agustus 2024.

Sebelum terpilih menjadi Rektor UNS masa jabatan 2024-2029 Hartono merupakan Direktur RS UNS Surakarta.

Baca juga: UNS siapkan jadwal pemilihan ulang rektor
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024