Industri otomotif juga dituntut dapat lebih adaptif pada peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui pengembangan teknologi otomotif ramah lingkungan.seperti kendaraan listrik,
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI  Ma'ruf Amin sempat menjajal salah satu mobil yang dipamerkan pada pameran industri kendaraan bermotor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Seusai memberikan sambutan pada pembukaan GIIAS 2024, Wapres didampingi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita beserta rombongan terbatas sempat mengelilingi area pameran tersebut menggunakan buggy car untuk melihat beberapa mobil yang dipamerkan. Wapres berhenti di booth PT Toyota Astra Motor (TAM) dan sempat menaiki salah satu mobil yang dipamerkan, yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid.

Wapres kemudian duduk di bagian kemudi dan melihat interior mobil tersebut. Wapres juga mendapat penjelasan langsung dari Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Baca juga: Wapres: Pemerintah berkomitmen akselerasi ekosistem kendaraan listrik

Sebelumnya dalam sambutannya, Wapres meminta kapasitas dan nilai tambah industri otomotif nasional diperkuat.sehingga mampu bersaing dengan produk negara lain. Salah satunya, dengan terus mengadopsi teknologi ramah lingkungan.

"Industri otomotif juga dituntut dapat lebih adaptif pada peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui pengembangan teknologi otomotif ramah lingkungan.seperti kendaraan listrik," ujar Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga meminta kemandirian industri otomotif nasional terus dibangun dengan mengembangkan ekosistem industri otomotif, mulai dari produksi bahan baku.hingga industri perakitan dan pendukung.

"Kapasitas industri otomotif nasional perlu terus ditingkatkan, sehingga tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan domestik, tetapi juga kebutuhan pasar global," ucapnya.

Baca juga: GIIAS banyak dimanfaatkan industri pendukung untuk mengenalkan produk Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melaporkan bahwa selaras dengan tingginya perhatian industri otomotif global terhadap Indonesia, pameran GIIAS pun terus berkembang. Menurutnya, lebih dari 55 merek kendaraan dan lebih dari 120 merek industri pendukung berpartisipasi pada GIIAS 2024.

"GIIAS 2024 menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia di luar negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT)," sebutnya.

Yohannes mengungkapkan GIIAS 2024 mengangkat tema Innovation Meets Inspiration. Tema ini mencerminkan semangat industri dalam menghadirkan beragam inovasi teknologi otomotif yang menginspirasi, terobosan terbaru dalam desain, dan solusi mobilitas.
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024