Jakarta (ANTARA) -
Kilang Pertamina Internasional (KPI) berkomitmen memperkuat edukasi kepada masyarakat mengenai mitigasi dan penanganan pemadaman kebakaran di sekitar lingkungan kilang melalui penyelenggaraan International Fire Fighters Summit (IFFS) 2024 di Jakarta, 17–18 Juli.
 
Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman yang hadir membuka seremoni IFFS 2024 itu menyebutkan bahwa sinergi stakeholders merupakan basis dari program peningkatan kompetensi kesiapsiagaan darurat (emergency preparedness) yang dicanangkan KPI.
 
"Program HSSE (health, safety, security, and environment/kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan) tak hanya menyasar insan ataupun tim firebrigade Pertamina, namun juga mencakup stakeholders terkait antara lain mitra kerja, keluarga, dan komunitas sekitar," ujar Taufik, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Berikutnya, Taufik juga menyampaikan bahwa program-program peningkatan literasi pemadam kebakaran dirancang secara inovatif dengan menyasar stakeholders atau pemangku kepentingan secara holistik, seperti dengan menghadirkan program Fire Rescue Combat Challenge, Fun Fire Combat, hingga pemecahan Rekor MURI yang melibatkan petugas pemadaman kebakaran rumah tangga.
 
Dalam kesempatan tersebut, KPI meluncurkan program inovasi HSSE “Fire Academy” dan “Road to Fit Fireman Program”. Program-program dalam Fire Academy dirancang untuk meningkatkan kompetensi teknis petugas pemadam kebakaran di lingkungan operasional KPI.
 
Dalam kesempatan yang sama, Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen menyampaikan bahwa IFFS 2024 yang diselenggarakan KPI tidak hanya dimaknai sebagai perayaan, tetapi juga menjadi kelanjutan dari komitmen HSSE KPI selama ini.
   
“Komitmen HSSE KPI, khususnya terkait pemadam kebakaran sudah dilaksanakan secara berkelanjutan bahkan menyeluruh di seluruh unit operasi dan dikemas dalam Bulan Fire Fighters," kata dia.
 
Acara IFFS 2024 juga diramaikan dengan “Fire Expo” yang menjadi wadah edukasi berisi pameran teknologi-teknologi peralatan maupun sistem pemadam kebakaran terkini. Eksibisi tersebut hadir sebagai bentuk kampanye dan edukasi kepada seluruh insan KPI serta masyarakat sekitar lingkungan KPI tentang betapa pentingnya peran dan fungsi pelaksana penanggulangan kebakaran serta menumbuhkan kesadaran untuk dapat melakukan segala aspek pencegahan kebakaran.
 
Diketahui gelaran IFFS 2024 yang juga menjadi puncak dari rangkaian perayaan Hari Pemadam Kebakaran Internasional itu menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari seminar, talkshow, eksibisi HSSE, bahkan momentum penganugerahan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
 
KPI mendapatkan MURI untuk kategori simulasi pemadaman kebakaran dengan 1.569 petugas yang tersebar di seluruh Indonesia pada tanggal 10 Juli silam. Ratusan pengunjung yang hadir, baik dari kalangan pemerintah, komunitas HSSE, maupun akademisi dan awak media tampak antusias memadati perhelatan akbar tersebut.

Baca juga: PT KPI: Kilang Balongan siap penuhi Kebutuhan BBM Ramadhan-Idul Fitri
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Subroto 2023

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024