Penghargaan ini sebagai bukti nyata atas komitmen kami untuk terus mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam Betel Leaf Empowerment Hub Program,
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Soekarno-Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Instalation (SHAFTHI) meraih penghargaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dalam ajang Nusantara CSR Awards 2024.

Manajer Pertamina Patra Niaga SHAFTHI Ridwan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, menyatakan penghargaan merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas program TJSL, yang dijalankan perusahaan.

"Penghargaan ini sebagai bukti nyata atas komitmen kami untuk terus mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam Betel Leaf Empowerment Hub Program," ujarnya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga perkenalkan bahan bakar hijau di GIIAS 2024

Dalam acara penganugerahan di Jakarta, Rabu (17/7/2024), Pertamina Patra Niaga SHAFTHI menerima Trophy Keris Kehormatan Nusantara CSR Awards atas dedikasi dan kontribusinya dalam transformasi bisnis berkelanjutan.

Nusantara CSR Awards merupakan bagian dari roadmap apresiasi ESG (Environmental, Social, and Governance) Nusantara, yang diinisiasi La Tofi School dengan tujuan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berkontribusi besar pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola bisnis.

Program TJSL unggulan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat dalam ajang tersebut adalah Betel Leaf Empowerment Hub Program, yang meraih penghargaan tertinggi dalam hal inisiatif memberikan dampak signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat dengan kategori "Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi".

Betel Leaf Empowerment Hub Program mampu menciptakan dampak luas dan perubahan signifikan bagi komunitas yang terlibat dan tidak hanya fokus pada pemberdayaan ekonomi, tetapi juga mempromosikan penggunaan sumber daya alam khususnya daun sirih secara berkelanjutan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas.

Program pemberdayaan komunitas di Kelurahan Mekarsari, Kota Tangerang, Banten, itu mendapatkan pengakuan dari pemerintah setempat, termasuk penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), karena berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga sosialisasikan QR Code Pertalite di Sumbagsel

Ridwan mengatakan tujuan utama Betel Leaf Empowerment Hub Program adalah memanfaatkan potensi budi daya daun sirih untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat di Kampung Sirih.

Program melibatkan berbagai kelompok masyarakat, termasuk bapak-bapak di Kampung Sirih yang dilatih dengan budi daya daun sirih dan pengelolaan bank sampah serta ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Ibu Kos dan Kembangsri, yang turut diberdayakan untuk mengelola budi daya daun sirih menjadi produk bernilai ekonomi seperti batik ecoprint, keripik sirih, teh sijale (sirih jahe lemon), dan sabun sirih.

Selain itu, kelompok pemuda yang belum bekerja dan tergabung dalam Kelompok Pemuda Inovatif juga ikut dilibatkan dalam program tersebut.

"Mereka tidak hanya mendapat pelatihan dalam pengolahan daun sirih, tetapi juga dalam pembuatan sabun sirih dan pestisida organik yang ramah lingkungan, sehingga pemuda-pemuda ini ikut berkontribusi dalam produksi dan pemasaran sabun sirih serta pestisida organik yang merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Kampung Sirih Mekarsari," kata Ridwan.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga siap dukung peningkatan produksi migas Indonesia

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan Betel Leaf Empowerment Hub Program sejalan dengan beberapa poin yang terdapat dalam Sustainable Development Goals(SDGs).

Menurut dia, pencapaian itu merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim dalam mengembangkan Betel Leaf Empowerment Hub Program dan diharapkan dapat terus memberikan manfaat, yang berkelanjutan dan memberikan inspirasi bagi orang lain.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung program ini. Pertamina Patra Niaga SHAFTHI akan melanjutkan dedikasinya dalam menjalankan program TJSL dengan komitmen tinggi serta terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Eko.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024