Istambul (ANTARA) - Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Rabu (17/7) mengumumkan penunjukan Patrick Turner sebagai kepala baru perwakilan NATO di Ukraina, dengan tujuan meningkatkan hubungan antara aliansi tersebut dengan Kiev. Turner ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, demikian pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh blok pertahanan tersebut.

Menyoroti pengalaman dan keahlian Turner di masa lalu, Stoltenberg mengatakan: "Sebagai pelayan publik yang berdedikasi, dia memiliki rekam jejak yang kuat dalam membuahkan hasil konkret".

"Saya yakin dia akan unggul dalam peran penting ini saat NATO terus meningkatkan dukungannya kepada Ukraina," kata Stoltenberg yang akan mengakhiri tugasnya pada Oktober mendatang.

Turner diharapkan mulai bertugas di ibu kota Kiev pada September ini dan akan memainkan peran sentral dalam hubungan antara aliansi dan pejabat Ukraina, mengoordinasikan upaya NATO, serta memberikan penilaian dan rekomendasi mengenai situasi di Ukraina.

Dia sebelumnya menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal NATO untuk operasi dan wakil sekretaris jenderal NATO untuk kebijakan dan perencanaan pertahanan.

Dalam sebuah sesi Dewan NATO-Ukraina, yang diadakan sebagai bagian dari KTT di Washington, para pemimpin sekutu sepakat memperkuat perwakilan di Ukraina dan menunjuk perwakilan senior NATO untuk memimpinnya.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Stoltenberg: NATO tak akan terlibat langsung dalam konflik Ukraina
Baca juga: Rusia tak akan berubah kebijakan meski Sekjen NATO diganti
Baca juga: NATO tak mampu bela negara-negara Eropa


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024