Banda Aceh (ANTARA) - Ribuan masyarakat Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar yang tersebar di empat mukim dalam wilayah tersebut melaksanakan shalat minta hujan (istisqa).

Masyarakat yang hadir di halaman depan Masjid Al Islah Lhoknga Kemukiman Lhoknga tersebut, terlihat khusuk dan larut dalam rangkaian ibadah shalat dan doa serta khutbah shalat istisqa yang disampaikan Pimpinan Daya h Budi Raja Lhoknga Tgk Muhammad Fauzi di Kabupaten Aceh Besar, Kamis.

"Ibadah yang kita lakukan bersama ini merupakan bagian mengharap ridha Allah agar daerah kita yang dilanda kekeringan ini segera diturunkan hujan," kata Tgk Muhammad Fauzi yang juga menjadi imam shalat Istisqa tersebut.

Baca juga: Kemensos bantu air dan 13 tandon di daerah kekeringan Aceh Besar

Ia menjelaskan Allah akan mencabut keberkahan sebuah wilayah apabila umat tersebut meninggalkan shalat dan ada sifat dengki, iri, mencela, dan menabur fitnah.

"Mari kita bersama-sama introspeksi diri dengan memperbaiki amal ibadah, bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah, sehingga Allah kabulkan doa kita bersama," katanya.

Dalam khutbah tersebut, ia mengajak masyarakat di kemukiman Lhoknga khususnya dan Aceh Besar umumnya untuk memperbanyak zikir dan istiqfar.

Sebelumnya, Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar mengatakan sebelum melaksanakan shalat Istisqa warga di Lhoknga melaksanakan puasa sunnah selama tiga hari sebagai upaya memohon kepada Allah SWT agar daerah yang dilanda darurat kekeringan tersebut segera turun hujan.

“Puasa sunnah selama tiga hari dan dilanjutkan shalat Istisqa pada hari ini di halaman masjid merupakan keputusan bersama sebagai bagian berdoa kepada Allah agar kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga dapat segera berakhir,” kata Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar.

Baca juga: Akademisi: Aceh perlu perbaikan karst agar kekeringan tak berulang

Baca juga: Masih dilanda kekeringan, shalat minta hujan digelar di Aceh Besa


Ia menjelaskan untuk pelaksanaan puasa sunnah Mukim Lhoknga dan bersama empat mukim lainnya dalam Kecamatan Lhoknga telah mengeluarkan imbauan bersama kepada masyarakat agar melaksanakan keputusan bersama tersebut.

Adapun imbauan yang diterbitkan, di antaranya melaksanakan puasa sunnah Istisqa selama tiga hari berturut-turut, menutup warung kopi selama masyarakat melaksanakan puasa Istisqa, dan melaksanakan shalat minta hujan di lapangan samping Masjid Al Islah Lhoknga.

Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar memiliki empat mukim, yakni Lhoknga, Lampuuk, Kueh dan Lamlhom. Adapun jumlah gampong (desa) sebanyak 28 desa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar memberlakukan status Siaga Darurat Bencana Kekeringan, khususnya Kecamatan Lhoknga.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024