Mexico City (ANTARA) - Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan bahwa pihak berwenang negara tersebut memutuskan untuk menghapuskan bea atas produk pertanian, termasuk pupuk dan pakan ternak, serta barang-barang rumah tangga esensial selama sepuluh tahun. "Kami juga telah memutuskan untuk menghapuskan tarif selama sepuluh tahun untuk pupuk, pakan ternak (termasuk burung dan ikan), dan bahan lain yang digunakan oleh petani dan produsen nasional. Dengan cara ini, mereka juga akan lebih kompetitif, bukan hanya importir," kata Bukele di X pada Rabu (17/7).

Presiden El Salvador itu mengumumkan di X pada Selasa (16/7) bahwa dia mengajukan proposal untuk "menghentikan semua tarif pada semua produk dalam keranjang makanan dasar yang diperluas, serta pada 70 produk makanan lainnya, untuk periode 10 tahun."

Langkah yang diusulkan oleh Bukele bukanlah hal baru — Undang-Undang Khusus Sementara untuk Melawan Inflasi Harga Produk Dasar telah berlaku di El Salvador sejak Maret 2022.

Baca juga: El Salvador rencanakan 'Kota Bitcoin' pertama

Undang-undang tersebut menghapuskan tarif pada impor lebih dari 30 produk makanan esensial.

Undang-undang baru ini mengusulkan agar jangka waktu 10 tahun untuk langkah-langkah ini ditetapkan.

Media lokal mengkritik usulan tersebut dan menyuarakan kekhawatiran bahwa penghapusan tarif pada impor produk esensial akan berdampak negatif pada produsen lokal dalam jangka panjang.

Penentang langkah-langkah tersebut menyarankan agar pemerintah El Salvador menghentikan pengosongan anggaran negara dengan langkah-langkah fiskal semacam itu dan menggunakan dana yang diterima untuk mendukung bisnis lokal.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: El Salvador tambah 25 juta dolar Bitcoin ke kas negara

Baca juga: Penggunaan bitcoin El Salvador tumbuh, namun masalah teknis tetap ada


Penerjemah: Primayanti
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024