Guangzhou, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire)- Artikel berita dari GDToday:

Pada 14 Juli lalu, diadakan GDToday yang bekerja sama dengan Kwong Wah Yit Poh Press Berhad, acara Mencicipi Buah Lici Guangdong bertajuk "Flavor of Guangdong lychees, all the way to Malaysia" berlangsung di Penang, Malaysia. Di acara ini, pengunjung mencicipi buah lici bermutu dari empat wilayah di Provinsi Guangdong, yakni Xianjinfeng, Lingfengnuo, Nuomici, dan Xinlongdiding.

"Kami baru saja mencoba empat varian buah lici. Setiap jenis memiliki cita rasa yang unik," ujar Liu Zhirong dari Kwangtung & Tengchow Association Penang, yang mengagumi buah lici tersebut. Menurut Liu, asosiasinya mewakili komunitas warga Tiongkok yang bermukim di Penang. Liu menilai, buah lici bisa mempererat hubungan bisnis dan aktivitas pertukaran antarwarga dengan Tiongkok. "Kami ingin bermitra dengan Guangzhou dan Dongguan untuk mempromosikan produk buah-buahan." Dia juga berkata, "Kami ingin mengekspor durian ke Tiongkok dan mengimpor buah lici dari Guangdong, serta buah-buahan lain."

Merayakan musim panen buah lici, sebuah galeri seni juga berpartisipasi dalam acara tersebut, serta memamerkan beberapa lukisan tradisional Tiongkok dan lukisan minyak karya seniman-seniman ternama di Lingnan. "Setelah menyaksikan video dan lukisan tentang aktivitas memetik buah lici, kami mempelajari panen buah lici secara sekilas di Guangdong," kata YB Wong Hon Wai, Penang State Executive Council (EXCO) Member. "Kami sangat mengagumi lukisan yang memakai tinta dan cat air tersebut."

Menurut YB, kolaborasi antara Tiongkok dan Malaysia harus saling menguntungkan. "Kami juga ingin mengekspor buah durian ke Tiongkok dan mengimpor buah lici dari Guangdong. Hal tersebut merupakan keinginan rakyat kami," paparnya.

Juru masak lokal di Penang juga memperoleh inspirasi dari buah lici asal Guangdong. Mereka pun membuat makanan baru yang memakai bahan lici sehingga memperkaya budaya kuliner Malaysia. Di sisi lain, acara ini menarik minat beberapa vlogger muda populer yang membagikan kesannya tentang Tiongkok. Serena, seorang vlogger lokal di Malaysia, sangat terpukau setelah mengetahui buah lici dapat menjadi bahan masakan. Dia pun membagikan prospek anak muda Malaysia yang ingin mengeksplorasi Tiongkok sebagai destinasi wisata. "Bagi anak muda Malaysia, saya akan memakai platform saya untuk menunjukkan produk-produk khas Tiongkok, seperti buah lici ini," katanya. "Kini, layanan penerbangan langsung ke Tiongkok telah tersedia, bahkan didukung kebijakan bebas visa. Banyak anak muda Malaysia ingin berliburan ke Tiongkok."

Acara ini digelar bertepatan dengan kolaborasi yang terjalin antara kedua negara. Tiongkok dan Malaysia baru saja meresmikan kerja sama perdagangan pada 19 Juni 2024. Lewat kerja sama ini, buah durian segar asal Malaysia akan hadir di pasar Tiongkok. Ke depan, aktivitas pertukaran dan kerja sama antara Malaysia dan GBA kelak semakin meningkat. Hal tersebut akan terus mempererat hubungan diplomatik yang terjalin setengah abad antara Tiongkok dan Malaysia.

Lee Hin Chan, General Manager, Kwong Wah Yit Poh Press Berhad, menutup acara tersebut. "Para sahabat dari Greater Bay Area dan komunitas warga Tiongkok di luar negeri benar-benar memiliki hubungan yang erat," kata Lee. "Jadi, kami ingin memiliki wadah kerja sama di bidang kebudayaan seperti acara ini. Dengan demikian, kami dapat memperkenalkan Greater Bay Area kepada komunitas warga Tiongkok di luar negeri yang berada di Penang demi melestarikan hubungan historis antara kedua wilayah ini."

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024