Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraannya ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Rabu (17/7), menerima penghargaan sipil tertinggi Order of Zayed dari Presiden PEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis dini hari, penyerahan dilakukan langsung oleh Presiden MBZ kepada Presiden Jokowi saat keduanya bertemu bilateral di Qasr Al Watan.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas upaya Presiden Joko Widodo untuk memperkuat hubungan erat antara kedua negara dan meningkatkan kerja sama bilateral selama masa jabatannya.

Order of Zayed merupakan penghargaan sipil tertinggi yang diberikan PEA kepada para pemimpin dunia dan kepala negara. Tercatat sejumlah tokoh pernah menerimanya, antara lain Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Presiden MBZ menyatakan bahwa pemberian penghargaan Order of Zayed kepada Presiden Joko Widodo merupakan bukti penghargaan pribadi yang diberikan atas upaya yang sangat berharga yang telah dilakukannya untuk memajukan hubungan PEA-Indonesia.

Presiden MBZ menyampaikan harapannya agar Presiden Jokowi senantiasa sehat dan sejahtera, serta agar rakyat Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada Presiden MBZ dan mengungkapkan rasa bangganya atas penerimaan penghargaan tersebut, yang mencerminkan hubungan istimewa antara kedua negara dan mengusung nama mendiang Sheikh Zayed, seorang tokoh inspiratif global dengan warisan nilai-nilai kemanusiaan yang abadi.

Dalam kesempatan terpisah, Presiden MBZ juga memberikan penghargaan Order of the Union kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya tulus Menteri Luhut dalam memperkuat hubungan strategis antara PEA dan Indonesia.

Baca juga: Jokowi-MBZ bahas kerja sama pembangunan pusat keuangan di IKN

Baca juga: Jokowi disambut langsung Presiden MBZ saat tiba di Abu Dhabi

Baca juga: Jokowi undang Presiden UEA berkunjung ke RI pada September mendatang

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024