Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani sebanyak 96.198 penumpang kereta "Suite Class Compartment dan Luxury" selama periode Januari hingga Juni 2024.

VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa puluhan ribu penumpang tersebut gabungan dari penumpang Suite Class Compartment dan Luxury.

"Pada semester I 2024 kereta Suite Class Compartment melayani 13.514 penumpang dan Luxury 82.684 penumpang," kata Anne.

Ia menyampaikan bahwa pada Suite Class Compartment puncak volume penumpang kelas tersebut terjadi pada Mei 2024 sebanyak 2.492 penumpang atau rata-rata 80 penumpang per hari.

Kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir – Surabaya Gubeng pergi pulang/pp) dan KA Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng pp).

Dia menjelaskan, kereta Suite Class Compartment diluncurkan pada 10 Oktober 2023 dan saat ini menjadi kelas tertinggi di layanan kereta api penumpang. "Sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia. Kereta ini didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal," ujarnya.

Dalam satu kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Layanan itu banyak digunakan oleh pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan dengan istirahat yang lebih nyaman atau melanjutkan pekerjaan karena didesain untuk privasi masing-masing pelanggan.

"Kereta tersebut mampu menciptakan segmen pelanggan baru, bahkan penumpang rutin pun banyak yang menjadi pelanggan kompartemen," jelas Anne.

Menurut dia, kereta itu juga diminati setelah sebelumnya KAI melakukan peningkatan waktu tempuh di berbagai kolidor relasi. Sebagai contoh KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng yang sebelumnya waktu tempuh 11 jam 31 menit pada tahun 2021, menjadi 10 jam 30 menit di tahun 2023.

Di setiap ruangan kereta Suite Class Compartment telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Lalu kursi yang dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi itu juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan.

"Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. Di samping itu, fasilitas-fasilitas lain juga akan penumpang dapatkan khusus bagi pengguna kelas Suite Class Compartment," terang Anne.

Sementara itu, untuk kereta kelas Luxury selama Januari-Juni 2024 telah melayani 82.684 penumpang, naik 46 persen dibanding periode yang sama tahun 2023 sebanyak 56.567 penumpang.

"Puncak volume penumpang kelas Luxury terjadi pada bulan April 2024 sebanyak 17.353 penumpang atau rata-rata 578 penumpang per hari,” ujar Anne.

Kereta kelas Luxury dirangkaikan dengan KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), Gajayana (Gambir – Malang pp), Sembrani (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir – Solo Balapan pp).

"Kereta kelas Luxury saat ini sudah ada tiga generasi. Generasi pertama diluncurkan pada 12 Juni 2018, generasi kedua pada 26 Mei 2019, dan generasi ketiga (New Generation) diluncurkan pada 13 Desember 2023," ungkap Anne.

Dia menerangkan, keunggulan kereta Luxury New Generation di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Hal itu, lanjut Anne, akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Lebih lanjut Anne mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah penumpang dikarenakan kedua kereta tersebut dilengkapi dengan ragam fitur menarik seperti sarana kursi yang lebih nyaman dan privat, toilet standar hotel, serta berbagai layanan spesial lainnya.

Baca juga: KAI Commuter layani 156,8 juta penumpang selama paruh pertama 2024

Baca juga: KAI Logistik tingkatkan layanan Kalog Express 7 hari dalam seminggu


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024