Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bahwa kepemimpinan Presiden Jokowi merupakan era keemasan untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia karena pemerintah memberikan dukungan penuh pada sektor tersebut.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, ia membeberkan dukungan penuh pemerintah lintas kementerian terlihat dengan perkembangan sejumlah cabang olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, angkat besi, panahan, tenis lapangan, dan lainnya.
 
"Selama era Presiden Jokowi inilah era keemasan bagi orang-orang yang ingin serius memajukan olahraganya, karena ketika federasi dan cabang olahraga memiliki visi dan juga bisa membuat roadmap yang jelas, pemerintah akan selalu hadir dan mendukung," kata Dito dalam sambutannya saat pelantikan Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) periode 2024-2028, di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Menpora konsisten terapkan DBON
 
Lebih lanjut dia membeberkan, presiden selalu memberi arahan agar Kemenpora terus mendukung setiap kegiatan cabang olahraga atau pengurus federasi, khususnya bagi yang berpotensi mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.
 
Ia mengungkapkan, pada rapat yang khusus membahas sektor olahraga pekan lalu, Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto, berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada cabang-cabang olahraga yang ada di Tanah Air.
 
"Jadi saya yakin, ke depan dukungan pemerintah untuk pengembangan olahraga tidak akan padam," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Ia mencontohkan, dukungan pemerintah untuk pengembangan tenis lapangan.

Baca juga: KOI ungkap tantangan untuk tingkatkan prestasi olahraga Indonesia
 
Kepada olahraga tersebut, tambah Dito, pemerintah membantu penyelenggaraan ATP Challenger yang diselenggarakan di Bali pada 2025.
 
Selain itu, pemerintah juga membantu pengadaan lokasi untuk pemusatan latihan bagi PP Pelti, sehingga bisa fokus mengembangkan kemampuan para atlet.
 
Ketua Umum PP Pelti Nurdin Halid menyatakan, dengan dukungan dari Kemenpora atau pemerintah dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dirinya yakin cabang olahraga tenis di Tanah Air akan lebih maju.
 
"Karena kami punya gagasan dan ide untuk membangun tenis Indonesia dengan satu misi yaitu Industri Tenis Indonesia menuju Indonesia Emas," ujar Nurdin.
 
Melalui semua gagasan yang direncanakan, lanjut Nurdin, Pelti akan melakukan pembinaan dari bawah, dari usia dini, untuk menciptakan prestasi baik dalam multi event atau pertandingan internasional.

Baca juga: Jalan masih panjang menuju kejayaan prestasi olahraga Indonesia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024