Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Hadi Tjahjanto mengatakan ajang Kompolnas Award harus dapat memicu persaingan antaranggota Polri dalam melayani masyarakat.

"Diharapkan akan terbangun budaya kompetitif untuk bersaing menjadi yang terbaik dalam hal kinerja dan integritas anggota," kata Hadi saat menghadiri pemberian penghargaan pada ajang Kompolnas Award di Ancol, Jakarta Utara, Rabu.

Menurut Hadi, Polri pada dasarnya memiliki tugas utama yakni memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Pelayan itu berupa perlindungan hingga penegakan hukum demi membuat masyarakat aman dari tindak kriminal.

Dalam menjalankan tugas-tugas itu, Hadi menilai banyak polisi yang telah bekerja dengan keras dan layak diberikan penghargaan.

Karenanya, Hadi yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada para polisi yang berprestasi.

"Apresiasi yang dikemas dalam bentuk Kompolnas Award 2024 akan diberikan kepada wilayah tingkat Mabes Polri, Polda, Polres dan Polsek," kata Hadi.

Dengan adanya penghargaan ini, Hadi berharap kinerja Polri semakin meningkat dan dampak positifnya semakin dirasakan masyarakat.

Sebelumnya, penghargaan Kompolnas Award diberikan berdasarkan beberapa kategori di antaranya polda terbaik tipe A, polda terbaik tipe B, polres terbaik tipe A, polres terbaik tipe B, polsek terbaik tipe A, polsek terbaik tipe B.

Selain itu, ada juga kategori untuk satuan kerja Mabes Polri terbaik.

Berikut daftar pemenang Kompolnas Awards 2024:

Kategori Polsek Terbaik
- Kelompok A: Polsek Singaraja
- Kelompok B: Polsek Tasifeto Barat

Kategori Polres Terbaik
- Kelompok A: Polres Jember
- Kelompok B: Polres Murung Raya

Kategori Polda Terbaik
- Kelompok A: Polda Sumatera Utara
- Kelompok B: Polda Jambi

Kategori Satker Mabes Polri Terbaik: Pusdokkes Mabes Polri

Baca juga: Kapolri harap Kompolnas Awards 2024 memotivasi pelayanan lebih baik

Baca juga: Kapolri: Sinergisitas pengawas Polri percepat Kepolisian presisi

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024