Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menginginkan Jakarta International Sailing Championship (JISC) 2024 menjadi momentum untuk mengembangkan olahraga layar di Indonesia.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, ia membeberkan cabang olahraga layar adalah cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, sehingga sudah seharusnya dikembangkan dengan serius untuk menunjang peningkatan prestasi olahraga nasional.
 
"Karena itu kami berharap acara itu (JISC 2024) berjalan lancar dan sukses, serta dapat meningkatkan minat dan prestasi olahraga layar Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Dito saat menerima audiensi Panitia JISC 2024 di Kantor Kemenpora.
 
Ketua Panitia JISC 2024 Eddy Prasetyo mengatakan kegiatan itu merupakan inisiasi dari Taman Impian Jaya Ancol bersama Jakarta Dinghy Sailing Club (JDSC).
 
Oleh sebab itu, kedatangan panitia JISC bertujuan untuk melaporkan sekaligus meminta dukungan dari Menpora Dito, terkait penyelenggaraan kegiatan diselenggarakan di Symphony of the Sea Ancol, Jakarta, 26-28 Juli.
 
"Ancol dan klub layar mengadakan acara ini karena kami dari Ancol sedang menggalakkan event olahraga," kata Eddy yang juga Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol.
 
Ia berharap kejuaraan olahraga tersebut bisa berkontribusi terhadap perkembangan olahraga air di Indonesia dan Ancol siap menjadi arena untuk acara olahraga.
 
Baca juga: Menpora yakin Nurdin Halid angkat prestasi tenis di kancah dunia

Public & Government Relationship Officer Boy Rachmanda mengatakan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, JISC ditargetkan menjadi wadah untuk atlet-atlet Indonesia bisa berkembang.
 
"Dengan adanya JISC 2024, harapannya adalah agar atlet-atlet yang berpartisipasi dapat meningkatkan kemampuan mereka, hingga mampu bersaing di ajang Olimpiade bersama atlet dari negara lain," kata Boy.
 
Menurut dia, melalui dukungan dari Kemenpora, penyelenggaraan kejuaraan itu bisa menjadi momentum penting bagi perkembangan olahraga layar di Indonesia.
 
"Kejuaraan ini tidak hanya akan meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam olahraga layar, tetapi juga dapat memperkuat prestasi atlet layar Indonesia di kancah internasional," ujar dia.
 
Jakarta International Sailing Championship (JISC) 2024 diikuti oleh 200-300 peserta dari berbagai negara seperti Australia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Malaysia, Hong Kong, India, dan Indonesia.
 
Kategori yang dipertandingkan adalah Optimist Sailing, Laser Class (ILCA), Windsurfing, dan Stand Up Paddle. Selain itu, JISC juga akan dimeriahkan dengan Dragon Boat Exhibition.

Baca juga: Iriana Jokowi buka LNSK 2024 untuk memasyarakatkan olahraga
Baca juga: Menpora optimistis Indonesia juara SEABA U-18 di Malaysia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024