Jakarta (ANTARA) - OPPO Indonesia tengah bersiap merilis produk terbaru dari seri Reno, OPPO Reno12 series, yang bakal dikenalkan membawa inovasi baru berupa kehadiran kecerdasan artifisial generatif atau generative Artificial Intelligence (AI).

Adapun AI generatif yang dihadirkan bisa dirasakan lewat imaging system atau pemrosesan gambar hingga untuk mendukung produktivitas.

"Kami mau mempertegas dengan OPPO Reno12 series kami ingin memberikan pengalaman AI generatif yang bisa menjangkau semua pelanggan di Indonesia," kata Head of PR OPPO Indonesia Arga Bima Jaksana Putra di Jakarta, Rabu.

ANTARA berkesempatan mencoba beberapa fitur-fitur AI generatif yang akan dihadirkan di OPPO Reno12 series berikut rangkuman lengkapnya.

Baca juga: Ketahanan ponsel makin diminati, OPPO unggulkan "All-Round Armour"

Baca juga: Sejumlah ponsel pintar terbaik yang diagendakan meluncur tahun 2024


AI Imaging System

Pertama fitur bernama "AI Clear Face", fitur ini berfungsi untuk foto grup yang berisikan objek lebih dari tiga orang yang diambil dengan kamera depan atau kamera selfie.

Biasanya dalam foto grup yang dilakukan lebih dari tiga orang kerap kali ada saja wajah yang terlihat kurang jelas atau kabur, dengan adanya fitur "AI Clear Face" maka wajah-wajah yang kurang jelas tersebut dibuat lebih jernih tampilannya.

Dengan demikian semua wajah di dalam foto itu bisa terlihat dengan lebih jelas dan memiliki detail yang lebih optimal sehingga hasilnya lebih memuaskan.

Fitur lainnya yang dijajal ialah fitur "Smart Image Matting 2.0", fitur ini dengan mudah dapat menyeleksi objek untuk nantinya dapat dijadikan gambar baru dan dikreasikan bisa menjadi stiker atau bentuk visual lainnya.

Cara menggunakannya mudah sekali, cukup sentuh lama objek yang diinginkan untuk diseleksi dan dengan mudah gambar tersebut telah terseleksi dan siap disimpan menjadi gambar baru.

Selanjutnya ada fitur "AI Eraser 2.0", fitur ini sebenarnya sudah ada di generasi sebelumnya untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dengan mudah.

Namun pada OPPO Reno12 series fitur "AI Eraser" ditingkatkan dengan sistem seleksi otomatis untuk objek yang ingin dihapus sehingga pengguna tidak lagi perlu memilih satu persatu objek yang ingin dihapus.

Ada lagi fitur "AI Studio", fitur ini merupakan aplikasi bawaan dari OPPO yang telah terpasang langsung di OPPO Reno12 series memungkinkan pengguna untuk mengubah foto menjadi visual avatar digital yang dapat dinikmati secara gratis tanpa perlu membayar.

Baca juga: Kesan pertama OPPO Reno12 series yang siap luncur 31 Juli di Indonesia

AI Produktivitas

AI Produktivitas yang nantinya ditemukan di OPPO Reno12 series ini dikerjakan dengan kemitraan OPPO dengan Google Gemini. Ada beberapa fitur yang bisa dicoba di antaranya "AI Writer".

Fitur "AI Writer" apabila diaktifkan nantinya dapat memberikan rekomendasi untuk menulis deskripsi, contoh pemanfaatan fitur ini dapat digunakan untuk membuat deskripsi caption untuk di media sosial.

Selanjutnya fitur AI produktivitas lainnya adalah "AI Speaker", kecerdasan artifisial ini memungkinkan penggunanya untuk merasakan dukungan audio untuk membacakan materi tulisan atau artikel.

Namun saat ini bahasa yang didukung oleh fitur ini masih terbatas seperti Bahasa Inggris, Bahasa Hindi, dan Bahasa Mandarin.

Apabila AI Speaker memiliki hasil akhir berupa dukungan audio, ada juga "AI Summary" yang bisa berguna untuk memberikan ringkasan berupa tulisan atau deskripsi singkat dari sebuah artikel panjang.

Baca juga: Oppo Reno12 series debut akhir bulan, Find X kembali ke pasar global

Baca juga: Manfaat fitur LinkBoost yang ada di Oppo Reno11 5G

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024