Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo nilai tim nasional voli putra Indonesia U-20 bisa tampil dominan di pul A, AVC U-20 2024 atau Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 ke-22 (22nd Asian Men's Volleyball Champions) yang berlangsung mulai 23 hingga 30 Juli mendatang.

Di pul A nantinya, skuad Merah Putih yang mayoritas dihuni oleh tim Proliga, Jakarta Garuda Jaya akan bersaing dengan Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia.

"Persaingan kita tidak terlalu sulit ya yang di pul kita, kita kan lawannya Hong Kong, Hong Kong ya kemungkinan bisa diatasi. Kemudian untuk Australia dan Arab Saudi jangan dilihat tim-tim senior mereka ya, dilihatnya yang U20-nya bisa kita lawan untuk yang tiga negara ini," kata Imam Sudjarwo kepada pewarta, Rabu.

Baca juga: Indonesia ditantang Hong Kong di laga pembuka AVC U-20 2024

AVC U-20 2024 akan berisi 16 kontestan yang terbagi ke empat pul. Selain di pul A, terdapat juara bertahan Iran, Qatar, Tiongkok, dan Taiwan di Pul B. Kemudian di Pul C diisi oleh Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Sedangkan di Pul D ditempati Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Kazakhstan.

Kejuaraan ini merupakan babak kualifikasi kejuaraan dunia U-21 dengan memperebutkan empat tiket yang ditentukan berdasarkan empat negara teratas nantinya menjadi wakil Asia.

Imam Sudjarwo menargetkan Indonesia mampu menyegel satu tiket di Piala Dunia U-21 dengan minimal berada di peringkat keempat Asia.

Imam Sudjarwo menyebut persiapan skuad Garuda kini telah mencapai 95 persen. Dengan sejumlah jam terbang yang telah diberikan di Proliga 2024 dan AVC Challange Cup 2024, Imam yakin Indonesia mampu mengunci satu tiket di kejuaraan yang akan berlangsung di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila, Surabaya tersebut. "Mudah-mudahan dengan dukungan dari masyarakat Indonesia, kita bisa masuk empat besar karena target kita adalah empat besar untuk masuk di Piala Dunia under-21 jadi target kita mudah-mudahan bisa tercapai," ujar Imam Sudjarwo.

Baca juga: Ketum PBVSI sebut persiapan Indonesia sudah 95 persen jelang AVC U-20


 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024