Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengungkap keprihatinannya atas insiden penembakan yang menargetkan Presiden Amerika Serikat Periode 2017–2021 Donald Trump di Pennsylvania minggu lalu (13/7).

Menhan Prabowo, dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, menegaskan tidak ada tempat untuk kekerasan dalam demokrasi.

“Saya sangat prihatin mendengar tentang upaya pembunuhan selama kampanye presiden mantan presiden Donald Trump di Pennsylvania. Tidak ada tempat untuk kekerasan dalam proses politik demokratis dan ini harus dikutuk,” kata Prabowo.

Dia pun mendoakan Trump segera pulih dan membaik setelah mengalami insiden tersebut.

“Saya menyampaikan harapan terbaik kepada mantan Presiden Trump agar cepat sembuh, dan pikiran kami tertuju pada para korban dan keluarga mereka selama masa sulit ini,” sambung Prabowo.

Dalam siaran yang sama, Prabowo juga berharap tahapan kampanye di Amerika Serikat, yang saat ini tengah berlangsung, dapat berjalan dengan aman, damai, tertib dan lancar.

“Kami berharap kampanye pemilu AS berlanjut dalam lingkungan yang damai dan aman,” kata Menhan Prabowo.

Presiden Ke-45 Amerika Serikat Donald Trump, yang saat ini kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, kena tembak di telinga kanannya saat berkampanye di hadapan pendukungnya di Pennsylvania pada 14 Juli.

Tak lama setelah kejadian itu, sejumlah anggota Secret Service — pasukan pengamanan presiden — langsung mengelilingi Trump dan membawanya turun dari podium meninggalkan lokasi. FBI kemudian mengumumkan pelaku penembakan merupakan seorang pemuda berkebangsaan AS atas nama Matthew Crooks.

Pelaku penembakan itu pun langsung ditembak mati di lokasi kejadian oleh anggota Secret Service AS.

Dalam insiden itu, satu warga meninggal dunia dan dua warga luka-luka.

Dua hari selepas insiden itu, Konvensi Partai Republik resmi mengusung Donald Trump sebagai calon presiden yang bakal melawan petahana (incumbent) Presiden AS Joe Biden.

Trump pun mengumumkan Senator Ohio JD Vance sebagai calon wakil presiden yang mendampingi dirinya maju di Pilpres AS 2024.
Baca juga: Trump tetap hadiri Konvensi Partai Republik sehari setelah ditembak
Baca juga: Trump sebut upaya pembunuhannya sebagai pengalaman yang sangat nyata
Baca juga: Perbatasan rawan dilintasi OPM, Prabowo: PNG hormati kedaulatan RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024