Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengundang Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk berkunjung ke Indonesia pada September mendatang.

Hal itu disampaikan Presiden Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden PEA Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, PEA, Rabu.

"Kalau ada waktu saya ingin mengundang Yang Mulia untuk berkunjung ke Indonesia tahun ini pada bulan September dan saya sangat merasa sangat terhormat jika Yang Mulia berkenan memenuhi," kata Presiden Jokowi dalam rekaman yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi disambut upacara kenegaraan di Qasr Al Watan

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menekankan kerja sama dan hubungan persaudaraan yang baik antara Indonesia dan UEA selama 10 tahun kepemimpinannya.

Presiden Jokowi pun menyampaikan terima kasih atas pembangunan masjid di kota kelahirannya, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed dan Rumah Sakit Kardiologi Emirates-Indonesia di Solo.

Presiden juga berterima kasih atas penamaan dalam Jalan Presiden Joko Widodo dan Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi.

"Juga penamaan jalan di Abu Dhabi serta Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi. Ini akan mempererat hubungan kita ke depan antara Indonesia dan UEA," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi sambut baik berbagai kerja sama RI-PEA

Saat tiba di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Presiden Jokowi disambut dengan upacara kenegaraan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed.

Order of Zayed juga penghargaan yang sama pernah diberikan MBZ kepada para pemimpin dunia, termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Menhan RI Prabowo Subianto.

Upacara penyambutan kenegaraan ditutup dengan santap siang oleh Presiden MBZ.

Baca juga: Jokowi-MBZ bahas kerja sama pembangunan pusat keuangan di IKN
Baca juga: Jokowi berterima kasih Presiden UEA terima Prabowo-Gibran Mei lalu
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024