Jakarta (ANTARA) -
Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Daerah Khusus Jakarta Andi Anzhar Cakra Wijaya bertekad menciptakan pengusaha-pengusaha baru.
 
"Salah satu motif saya mengapa maju dalam pencalonan Ketua Umum Kadin Daerah Khusus Jakarta 2024-2029, yang paling penting adalah, bagaimana kita bisa menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis pada Rabu.
 
Menurut Andi yang juga ​​​​​Wakil Ketua Umum Bidang Investasi Kadin DKI Jakarta ini, Indonesia masih sangat kekurangan pengusaha.
 
"Kita lihat Singapura, hampir 11 persen, warganya adalah entrepreneur (pebisnis/pengusaha). Nah, Indonesia ini baru 2 persen," katanya.

Baca juga: Kadin DKI buka pendaftaran pengurus baru
 
Andi juga menyebutkan saat ini Jakarta bukan lagi sebagai Ibu Kota Negara (IKN) tetapi telah menjadi daerah khusus dan sebagai pusat ekonomi. "Tentu kita harus punya kiat-kiat bagaimana menciptakan entrepreneur-entrepreneur atau pengusaha baru, terutama di Jakarta," katanya.
 
Mantan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Republik Indonesia (BKSAP DPR RI) itu akan berjuang bersama teman-teman Kadin DKJ untuk mewujudkan itu.
 
"Saya berusaha nanti bersama teman-teman seperjuangan, teman-teman yang mendukung dari beberapa wilayah tentunya akan berusaha untuk mencoba menerapkan dan tinggal merumuskan strateginya bagaimana," katanya.
 
Andi juga berencana lebih mengedepankan bisnis di wilayah Jakarta sesuai karakteristiknya seperti di Jakarta Utara yang karakteristik
bisnisnya adalah kelautan atau pelabuhan.
 
"Kita akan betul pikirkan potensi-potensi yang ada di DKI Jakarta ini supaya tidak salah menerapkan strategi," katanya.

Baca juga: Ini harapan Kadin terkait UU Daerah Khusus Jakarta
 
Andi sudah mengambil formulir calon Ketua Umum (Ketum) Kadin Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada Selasa, 16 Juli 2024 di Kantor Kadin DKI Jakarta, Komplek Perkantoran Majapahit Permai, Blok B 21-23, Jalan Majapahit Nomor 18-20, RT 14/RW 08, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.
 
Kadin DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran pengurus baru masa bakti 2024-2029 yang pemilihannya dilakukan pada Musyawarah Provinsi (Musprov) di Jakarta Selatan pada 8 Agustus 2024.
 
Pengambilan formulir pendaftaran posisi-posisi itu dapat dilakukan mulai 8 Juli-1 Agustus 2024, namun untuk formulir calon ketua umum dibuka mulai 8 Juli sampai 18 Juli 2024 dan dikembalikan beserta seluruh persyaratannya paling lambat 1 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024