Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meyakini Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) Nurdin Halid beserta jajaran pengurus yang baru dilantik dapat mengangkat prestasi tenis Indonesia di kancah dunia.

"Saya yakin prestasi tenis pasti naik. Dahulu Pak Nurdin ketika memegang PSSI, timnas kita sempat peringkat 94 dunia. Itu adalah suatu pencapaian yang luar biasa," ujar Dito dalam sambutannya pada acara pelantikan Ketua Umum PP Pelti Nurdin Halid beserta jajaran untuk masa bakti 2024-2028 sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di Jakarta, Rabu.

Dito mengatakan kepengurusan baru Pelti dapat mendongkrak prestasi tenis Indonesia, apalagi di dalamnya terdapat sosok-sosok penggiat olahraga khususnya tenis lapangan.

Selain itu, Ketua Umum Nurdin Halid telah memiliki serangkaian program jangka pendek dan jangan panjang yang bisa membawa tenis Indonesia lebih baik lagi, salah satunya inisiatif membuat liga tenis profesional.

"Saya sangat senang Pak Nurdin sudah komitmen membuat liga profesional tenis. Saya rasa itu yang dibutuhkan untuk olahraga tenis ini, karena kalau liga profesional berjalan, otomatis pembinaan ke bawahnya juga jalan. Termasuk juga kejurnas usia dini," ujarnya.

Jadi, kata dia, target PP Pelti untuk bisa meloloskan atlet tenis ke Olimpiade selanjutnya (setelah Olimpiade Paris 2024) bukan hal yang mustahil

Baca juga: KONI harapkan liga tenis Pelti cetak atlet berprestasi ke level global

Lebih lanjut, Dito juga meminta pengurus PP Pelti yang baru bisa menangkap berbagai peluang untuk mengembangkan olahraga tenis. Salah satu fokus utama yang mesti disiapkan Pelti, kata dia, yaitu bagaimana menemukan potensi atlet-atlet muda untuk regenerasi atlet senior saat ini.

Ia menyebutkan, salah satu contoh atlet senior berprestasi yaitu Aldila Sutjiadi yang saat ini telah tampil di Wimbledon.

“Nah, ini harus kita cari potensinya. Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Nurdin, tenis juga boleh mencari potensi diaspora. Bagaimana potensi dalam darah Merah Putih ini bisa kembali membela Indonesia," pungkasnya.

Adapun susunan pengurus harian PP Pelti periode 2024-2028 sebagai berikut: Ketua Umum Nurdin Halid, Wakil Ketua Umum: Jafar Hafsah, Azis Syamsudin, Raffi Achmad, Endang Agustin, Sekretaris Jenderal Andi Fajar Asti, Wakil Sekretaris Jenderal: Wiyono Adie, Arsyad Achmadin, Efendi, dan Pahlevi Pangerang. Bendahara Umum Rinto Subekti,bWakil Bendahara Umum: Risman Pasigai, Denny Karmaina, dan Roofy Ardianto.

Baca juga: 200 petenis dari 12 negara ikuti ajang ATF 14/16 Asian Series Jakarta
Baca juga: Tekuk pasangan Rusia, Aldila/Asia melaju ke 16 besar Wimbledon 2024


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024