Saya minta Agustus bisa selesai semua permasalahan sehingga ditindaklanjuti untuk persiapan peresmian pada September
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyebutkan Bendungan Margatiga dapat selesai dan diresmikan pada September 2024 karena pekerjaan secara fisik sudah rampung.
 
"Dalam kunjungan Presiden beberapa waktu lalu sempat disampaikan juga terkait Bendungan Margatiga. Sehingga melalui rapat kali ini harus ada progres dalam bentuk langkah strategis untuk segera menyelesaikan ini," ujar Penjabat Gubernur Lampung Samsudin dalam rapat koordinasi membahas Bendungan Margatiga di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan Bendungan Margatiga saat ini sudah selesai dalam proses pengerjaan fisik, namun ada kendala terkait sejumlah bidang tanah yang tengah dilakukan audit tanam tumbuh, atau proses ganti rugi tanam tumbuh di atas tanah yang dibebaskan.
 
"Saya minta di pertengahan Agustus bisa selesai semua permasalahan, sehingga ditindaklanjuti untuk persiapan peresmian Bendungan Margatiga pada September," katanya.
 
Dia melanjutkan Presiden direncanakan melakukan peresmian Bendungan Margatiga secara langsung setelah menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.
 
Diketahui sebelumnya pada Oktober 2023 dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lampung Tengah Presiden Joko Widodo meminta pengerjaan Bendungan Margatiga dapat selesai di 2024 agar dapat menambah ketahanan sumber daya air di Lampung Timur dan sekitarnya.

Baca juga: BBWS Lampung: Bendungan mulai alami kenaikan elevasi muka air berkala

Baca juga: Kementerian PUPR targetkan Bendungan Margatiga Lampung selesai 2024
 
Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik, dengan luas genangan seluas 2.217 hektare dan tinggi bendungan 22,5 meter.
 
Pengerjaan bendungan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp850 miliar, dan bendungan itu memiliki manfaat untuk pengairan daerah irigasi di Provinsi Lampung dengan luas mencapai 16.588 hektare.
 
Daerah irigasi tersebut merupakan daerah irigasi Jabung Kiri seluas 5.638 hektare dan daerah irigasi Jabung Kanan seluas 10.950 hektare.
 
Selain itu, Bendungan Margatiga juga mampu memasok air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur.

Juga mampu mereduksi banjir sebesar 83,10 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan Bandarlampung. Serta memiliki fungsi untuk konservasi air, penyaluran air guna mencegah masuknya air asin dan potensi di sektor pariwisata.

Baca juga: Presiden minta pengerjaan Bendungan Margatiga di Lampung selesai 2024

Baca juga: BBWS Lampung terus memantau muka air bendungan jaga ketersediaan air

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024