Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan foto Presiden terpilih Prabowo Subianto tidak ingin memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam video tersebut juga terdapat tangkapan layar beberapa media yang menarasikan Prabowo tidak ingin pindah ke IKN.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Prabowo Tidak Mau Pindah Ibu Kota dari Jakarta ke IKN”

Namun, benarkah Prabowo tidak mau pindahkan ibu kota dari Jakarta ke IKN?

 

Unggahan yang menarasikan Prabowo tidak mau pindahkan ibukota dari Jakarta ke IKN. Faktanya, pernyataan tersebut opini pengamat politik. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, tangkapan layar unggahan tersebut merupakan artikel dari laman Suara.com yang berjudul “Prabowo Disebut Tak Mau Pindahkan Ibu Kota Jakarta ke IKN”. Dalam artikel tersebut dinarasikan Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut tak akan memindahkan Ibu Kota Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur.

Hal tersebut dikatakan pengamat politik Refly Harun dalam akun YouTubenya yang dilihat Rabu (10/7/2024). Refly pun mengatakan IKN akan tetap dibangun tetapi tidak akan menjadi ibu kota, melainkan kota biasa saja.

Namun, pendapat tersebut hanya sekedar opini Refly Harun bukan pernyataan resmi Prabowo. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengonfirmasi kehadiran presiden terpilih Prabowo Subianto pada agenda Upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024.

"Insyaallah, Pak Prabowo upacara ke IKN," kata Ahmad Muzani, dilansir dari ANTARA. Hingga saat ini, tidak ada narasi Prabowo menyatakan tidak ingin pindahkan ibukota dari Jakarta ke IKN.

Klaim: Prabowo tidak mau pindahkan ibukota dari Jakarta ke IKN

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Prabowo gagal dilantik dan Gibran jadi Presiden Indonesia

Cek fakta: Hoaks! MPR keluarkan putusan menolak lantik Prabowo-Gibran

Baca juga: Jokowi sebut keppres tentang IKN bisa ditandatangani presiden terpilih

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024