Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu, dengan upacara kenegaraan.

Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan sambutan itu berlangsung saat Jokowi tiba di Gerbang Qasr Al Watan.

Presiden Jokowi tiba dengan dikawal rangkaian kendaraan presiden melewati pasukan berkuda dan berunta, pemusik tradisional, dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali letusan.

Setibanya di depan pintu masuk Qasr Al Watan, Presiden Jokowi langsung disambut oleh MBZ. Keduanya bersalaman kemudian berfoto bersama.

Presiden MBZ dan Presiden Jokowi lantas berjalan melewati jajaran pasukan kerajaan dan pasukan musik tradisional "Al Ayyala". Tampak sejumlah anak-anak turut menyambut kedua pemimpin.

Setelah itu, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan. Kedua pemimpin tampak berdiri diapit bendera Indonesia dan PEA. Di hadapannya berbaris pasukan angkatan bersenjata PEA dari tiga matra.

Presiden Jokowi dan Presiden MBZ kemudian menerima laporan komandan upacara, lalu melakukan inspeksi pasukan. Kedua pemimpin lantas memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

Dari Indonesia hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis.

Selain itu, hadir juga Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Kedua pemimpin kemudian melakukan pertemuan bilateral bersama delegasi masing-masing. Dalam pengantarnya, Presiden MBZ menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu Presiden Jokowi yang disebutnya sebagai saudara.

"Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates. Saya berterima kasih atas kunjungan yang murah hati ini, yang merupakan puncak dari perjalanan panjang hubungan yang bermanfaat dan erat antara kita dan kerja sama dan tulus demi kepentingan PEA, Indonesia, dan rakyatnya," ujar Presiden MBZ.

Presiden Jokowi pun berterima kasih atas sambutan hangat Presiden MBZ tersebut.

"Terima kasih atas sambutan hangat Yang Mulia. Saya sangat hargai persaudaraan dan kerja sama erat kita selama 10 tahun ini," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibacakan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain, energi, pariwisata, hingga keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed.

Order of Zayed juga penghargaan yang sama pernah diberikan MBZ kepada para pemimpin dunia, termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Menhan RI Prabowo Subianto.

Upacara penyambutan kenegaraan ditutup dengan santap siang oleh Presiden MBZ.

Baca juga: Jokowi ungkap pembangunan di IKN mundur karena hujan deras
Baca juga: Presiden sebut HGU 190 tahun di IKN untuk tarik investasi sebesarnya

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024