Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa sinergisitas dengan seluruh pengawas Kepolisian, utamanya Kompolnas, menjadi upaya untuk mempercepat mewujudkan Polri yang presisi.

“Karena kami yakin bahwa kalau kami menutup diri dan tidak membuka ruang kepada seluruh pengawas, apakah itu pihak eksternal ataupun masyarakat, kami akan menjadi organisasi yang stagnan,” kata Kapolri Listyo dalam acara rapat koordinasi pengawasan Kompolnas dan Polri tahun 2024 yang bertajuk Akselerasi Transformasi Digital Dalam Pengawasan untuk Mewujudkan Polri yang Profesional dan Mandiri di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu.

Baca juga: Polri gelar balap sepeda Zebra Bhayangkara Presisi Sudirman Loop 2024

Salah satu bentuk sinergisitas antara Polri dengan pengawas Polri adalah dalam transformasi digital. Ia mengatakan, saat ini transformasi digital menjadi kebutuhan, sehingga Polri terus berusaha menyesuaikan pelayanan dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Di sisi lain, tentunya Kompolnas juga memiliki semangat untuk kemudian memanfaatkan transformasi digital ini agar semakin memperkuat pengawasan dan juga menerima berbagai macam pengaduan terhadap Polri,” kata dia.

Baca juga: Kabareskrim: Komitmen Polri menjadi semakin baik pada usia 78 tahun

Ia menyebut, transformasi digital untuk ruang pengawasan terbagi menjadi dua bentuk, yakni pengawasan melekat dari pihak internal dan pengawasan dari masyarakat.

Dari masyarakat, bentuk pengawasan digital yang dilakukan Polri adalah menyiapkan layanan dalam bentuk media sosial hingga menyediakan kanal (pengaduan masyarakat) Dumas Presisi.

Baca juga: Tokoh Agama harapkan Polri semakin dicintai masyarakat

Sedangkan dari sisi internal, yakni dari Profesi dan Pengamanan (Propam) serta Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri, telah tersedia layanan e-wassidik dan e-audit presisi.

“Dengan demikian, masyarakat hingga pimpinan bisa mengikuti setiap tahapan perkembangan yang ada, termasuk juga terkait dengan penggunaan anggaran,” kata dia.

Baca juga: Mendagri: Polri Presisi kedepankan layanan adil dan berkualitas

Meskipun demikian, Kapolri mengungkapkan bahwa pengaduan masyarakat pada tahun 2021-2023 terus meningkat. Peningkatan itu pun menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya dalam mengambil langkah cepat, sehingga aduan masyarakat bisa diselesaikan secara cepat dan tuntas.

“Kami ingin Polri agar terus bergerak menjadi organisasi yang modern dan harapan kami, ketika kita bisa merespon cepat, Polri bisa lebih dicintai masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Kapolri ajak masyarakat rayakan Idul Adha dengan semangat toleransi

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kompolnas yang selalu menyertai langkah Polri dalam berbagai program melalui pengawasan.

“Dukungan Kompolnas sebagai fungsi pengawasan organisasi Polri, menjadi masukan bagi kami untuk terus melakukan hal-hal yang terbaik sesuai dengan tugas pokok kami,” kata dia.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024