Ini menjadi wadah bagi para kelompok tani  untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas....
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memasarkan produk-produk petani lewat kegiatan 'Gelar Pertanian-Peternakan 2024' yang dipusatkan di Sentra Agribisnis Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan kegiatan ini diikuti puluhan kelompok tani sebagai momentum memasarkan produk-produk hasil pertanian dan peternakan mereka.

"Ini menjadi wadah bagi para kelompok tani  untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas. Saya lihat ada puluhan stan bazar yang meramaikan kegiatan ini dengan beragam hasil produk pertanian dan peternakan," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut IKN akan tingkatkan permintaan produk pertanian

Ia menjelaskan wilayah Kabupaten Bekasi memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan sangat berpotensi untuk menjadi salah satu kekuatan dalam mendukung pertumbuhan perekonomian. Luas lahan tersebut tentu harus diiringi dengan pemasaran dan distribusi produk hasil pertanian yang memadai.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa potensi sektor pertanian kita cukup besar. Luasnya lahan yang kita miliki ini menjadi salah satu kekuatan dalam mendukung pertumbuhan di sektor perekonomian," katanya.

Dia mengaku kegiatan ini sangat penting karena selain memasarkan produk pertanian juga dapat membantu membangun kerja sama serta kemitraan usaha antar pelaku utama dan pelaku usaha dalam perkembangan agribisnis produk pertanian.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi wadah pembelajaran atau edukasi bagi masyarakat terkait bidang pertanian dan peternakan sehingga dapat meningkatkan minat generasi muda pada sektor tersebut.

"Melalui kegiatan ini saya berharap dapat menjadi wadah strategis untuk memasarkan komoditas hasil produk pertanian dan peternakan sekaligus membangun kerja sama dan kemitraan usaha," katanya.

Baca juga: Diskop-UKM Kulon Progo kurasi produk pertanian supaya naik kelas

Ia berpesan kepada penyuluh pertanian serta seluruh pihak terkait untuk selalu mendampingi dan memberikan bimbingan juga pelatihan sebagai upaya peningkatan produktivitas pertanian sekaligus menjaga keberlanjutan sektor tersebut.

Menurut dia penyuluh merupakan salah satu ujung tombak Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang bekerja secara langsung dan terus membantu para petani dalam menyelesaikan berbagai tantangan serta permasalahan.

"Saya mengajak seluruh petugas terkait untuk selalu bersemangat mendampingi para petani dengan memberikan bimbingan dan pelatihan sebagai upaya meningkatkan produktivitas petani yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024