Jakarta (ANTARA) - Tim nasional voli putra Indonesia U-20 ditantang Hong Kong di laga pembuka AVC U-20 2024 atau Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 ke-22 (22nd Asian Men's Volleyball Champions) yang berlangsung di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila Surabaya (23/7).

Skuad Garuda akan bersaing dengan 15 negara pada kejuaraan dua tahunan ini. Nantinya 16 kontestan akan dibagi dalam empat pul, dengan setiap pul diisi oleh empat negara dan dua tim teratas dari tiap pul maju ke babak perempat final.

"Persiapan AVC mepet setelah final four Proliga...Garuda Jaya sudah 12 kali uji coba dan ikut AVC Challenge Cup di Bahrain. Ini menjadi modal dasar di AVC U-20. Semoga bisa masuk empat besar," kata Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Indonesia yang berintikan pemain-pemain dari tim Proliga, Jakarta Garuda Jaya, berada satu pul dengan Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia di Pul A.

Sedangkan negara peserta lainnya, terdiri dari juara bertahan Iran, Qatar, Tiongkok, dan Taiwan di Pul B. Kemudian di Pul C diisi oleh Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Sedangkan di Pul D ditempati Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Kazakhstan.

Baca juga: Gani Loveano fokus bangun kedekatan antarpemain di timnas Indonesia

Kejuaraan ini merupakan babak kualifikasi kejuaraan dunia U-21. Empat negara teratas nantinya menjadi wakil Asia.

Imam menyebut Indonesia diberi kehormatan oleh Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) untuk menjadi tuan rumah kejuaraan yang bertaraf internasional tersebut.

"Untuk menghadapi kejuaraan tersebut, PBVSI mengikutsertakan tim Garuda Jaya di dalam kompetisi Proliga sebagai pengganti pemusatan nasional," kata Imam.

Baca juga: Rama Fauzan ungkap timnas Indonesia sudah punya kekompakan jelang AVC
Baca juga: PBVSI fokus beri menit bermain pemain muda di AVC Challenge Cup 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024