Jakarta (ANTARA) - Timnas Timor Leste U-19 membuka perjalanan mereka di Grup A Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 dengan kemenangan setelah menaklukkan timnas Kamboja U-19 dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu sore.

Timor Leste yang selalu ditekan oleh Kamboja mampu memanfaatkan peluang yang mereka dapatkan dengan efektif dengan tiga gol, masing-masing disarangkan oleh Vabio Canavaro (33'), Alexandro Bakhito (36'), dan Luis Figo (39') di babak pertama.

Sementara Kamboja, meski tampil terus menekan hanya mampu membalas dua gol pada babak kedua melalui Sorm Borith (54') dan Chheang Kimsong (59').

Anak-anak asuh Pelatih Eduardo Pereira mengejutkan pasukan Kamboja asuhan Pelatih Phea Sopheaktra pada babak pertama di mana tendangan jarak jauh mendatar Canavaro pada menit ke-33 gagal diamankan kiper Kamboja Mat Lany.

Timor Leste lalu melebarkan keunggulan tiga menit setelahnya. Kali ini mereka memanfaatkan kesalahan bek Kamboja yang memainkan bola di area kotak penalti sendiri.

Bakhito yang berhasil mencuri bola dari bek lawan lalu tanpa ampun menghukum gawang Kamboja untuk kedua kalinya melalui tendangan plesing sempurna.

Setelah unggul dua gol, Timor Leste kembali melebarkan keunggulan yang kali ini memanfaatkan serangan cepat yang diselesaikan oleh Luis Figo pada menit ke-39, setelah ia mamanfaatkan umpan terobosan dari rekannya.

Timor Leste unggul tiga gol dalam tempo enam menit dan skor ini menutup babak pertama.

Baca juga: Indra Sjafri ingin berikan kinerja sebaik mungkin di Piala AFF U-19

Memasuki babak kedua, Sopheaktra menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tetap menyerang pertahanan Timor Leste.

Mereka mengawali serangan melalui tendangan keras Bong Samuel pada menit ke-50. Namun, sayangnya masih melebar tipis.

Beberapa detik setelah serangan itu, Kamboja hampir kebobolan untuk keempat kalinya melalui tendangan Bakhito yang memimpin situasi serangan balik cepat. Beruntung, kali ini kiper mereka masih sigap mengamankan sepakan pemain nomor 10 tersebut.

Gol yang dicari Kamboja tercipta pada menit ke-54. Melalui kerja sama apik umpan satu dua, Borith mampu melepaskan tembakan akurat untuk merobek gawang Timor Leste yang dikawal Egidio Luro De Oliveira.

Kamboja semakin meningkatkan serangannya setelah membuka kran golnya di Piala AFF U-19 di mana lima menit kemudian mereka kembali mencetak gol melalui sundulan Kimsong setelah memanfaatkan umpan sepak pojok rekannya. Kamboja memperkecil skor menjadi 2-3.

Di sisa babak kedua, Kamboja terus mencari gol penyama kedudukan, tapi masih gagal hingga peluit panjang ditiup untuk menutup babak kedua. Kemenangan ini membuat Timor Leste memuncaki klasemen sementara Grup A dengan tiga poin.

Di laga kedua mereka akan melawan Filipina di tempat yang sama pada Sabtu (20/7) pukul 17.00, sedangkan Kamboja akan melawan tuan rumah Indonesia di tempat dan hari yang sama pada pukul 19.30 WIB.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Timor Leste U-19: Egidio Luro De Oliveira, Rui Juman, Aureo Viera Cruz da Costa, Palomito Antonio, Luis Figo Ribeiro, Luis Berdila da Silva, Alexandro Bahkito, Vabio Canavaro, Edencio Soares Da Costa, Ricardo Rorinho Bianco (C), Emidio Martins.
Pelatih: Eduardo Pereira.

Kamboja U-19: Mat Lany (C), Sonn Thavisiv, Bong Samuel, Em Chhumsideth, Tum Makara, Eav Sovannara, Lim Lucca Thong, Sorm Borith, Chhin Vennin, Sreng Sokea, Phoeuk Thatthai.
Pelatih: Phea Sopheaktra

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 targetkan menangi 3 pertandingan penyisihan grup
Baca juga: Indra Sjafri: Piala AFF U-19 dijadikan persiapan kualifikasi Piala AFC

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024