Gianyar, Bali (ANTARA) - Bali United menjadikan ajang Piala Presiden 2024 sebagai laga pemanasan sebelum memasuki musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025 yang dijadwalkan mulai 9 Agustus 2024.

“Bali United bisa memanfaatkan pertandingan Piala Presiden buat punya persiapan tim di Liga 1 musim ini,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra di Gianyar, Bali, Rabu.

Skuad dengan julukan Serdadu Tridatu itu sedang fokus melakukan latihan taktik dan teknik setelah sebelumnya melakukan latihan fisik, untuk kesiapan Piala Presiden 2024 dan Liga 1 Indonesia.

Ada pun latihan fisik perdana sudah dimulai sejak Selasa (2/7) di Pemusatan Latihan Bali United Pantai Purnama di Kabupaten Gianyar.

Latihan fisik itu di antaranya terkait olah fisik penguasaan bola, aerobik, dan program latihan fisik lainnya.

Sedangkan latihan taktik diadakan secara tertutup karena menyangkut strategi tim memperbanyak jumlah gol dalam setiap pertandingan.

Baca juga: Bali United terus persiapkan diri meski skuad belum lengkap

Sebanyak delapan klub sepak bola Tanah Air berpartisipasi dalam kompetisi pramusim Piala Presiden 2024 yang diadakan di dua lokasi berbeda untuk babak penyisihan yakni di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan klub yang berpartisipasi di turnamen Piala Presiden 2024 yakni Persib Bandung, PSM Makassar, Persis Solo, Borneo FC Samarinda, Bali United FC, Madura United FC, Arema FC, dan Persija Jakarta.

Ada pun jadwal pertandingan Piala Presiden 2024 yakni untuk babak penyisihan grup dijadwalkan dimulai pada 19 Juli hingga 26 Juli 2024 di Bali dan Bandung.

Kemudian babak semifinal dijadwalkan pada 30-31 Juli 2024 di Stadion Manahan, Solo.

Sedangkan babak final dijadwalkan pada Minggu (4/8) di Stadion Manahan Solo.

Baca juga: Bali United latihan teknik dan taktik hadapi Piala Presiden

Skuad Serdadu Tridatu pernah menduduki juara kedua pada ajang Piala Presiden setelah dikalahkan Persija Jakarta pada 2018.

Saat itu, Coach Teco itu masih menahkodai Macan Kemayoran yang sukses meraih juara Piala Presiden 2018 atas Serdadu Tridatu.

Sementara itu, sejak 2019 Bali United belum mampu menuai prestasi pada ajang Piala Presiden.

Meski begitu, Bali United menggondol dua trofi juara Liga 1 Indonesia pada 2019 dan 2021/2022 selama tim dipimpin Stefano Cugurra.

Baca juga: Jadwal Piala Presiden 2024: Delapan tim bersaing untuk gelar juara

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024