Jakarta (ANTARA) - Transportasi laut tidak hanya menjadi tulang punggung perekonomian global, tetapi memegang peranan vital dalam konektivitas dan perdagangan antarnegara, kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Tubagus Haerul Jaman.

"Persaingan sumber daya manusia di bidang transportasi laut sangatlah ketat. Untuk itu lulusan Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel Banten) yang baru dilantik diminta terus meningkatkan kemampuannya sehingga dapat bersaing dengan pelaut-pelaut di kancah internasional," kata Tubagus dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Hal ini diungkapkan Tubagus saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Laut Program Diploma III Pembentukan, Diklat Pelaut III Pembentukan Dan Diklat Pelaut IV Pembentukan Serta Pelepasan (Bon Voyage) Perwira Siswa Diklat Pelaut IV Dan V Peningkatan pada Rabu, 17 Juli 2024 bertempat di Lapangan Seven Ocean Kampus Poltekpel Banten, Kabupaten Tangerang, Banten.

Menurut dia, yang merupakan Anggota Komisi V dari Banten itu, karena itu Poltekpel Banten sebagai Perguruan Tinggi Vokasi sebagai salah satu saran pembangunan kualitas SDM Transportasi di Tanah air dituntut berbenah dan berkembang agar performa dan kualitasnya menjadi baik sehingga dapat menghasilkan lulusan yang dapat terserap di dunia pekerjaan, tidaknya hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.

Baca juga: Lulusan kampus Kemenhub harus jadi agen perubahan

Hal yang tidak kalah penting, dirinya juga mendorong seluruh perguruan tinggi dan lembaga diklat di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, termasuk Poltekpel Banten untuk harus berperan aktif dalam upaya untuk mendukung penyiapan SDM yang siap dalam mengadopsi teknologi baru di dunia maritim yang ramah lingkungan.

Direktur Poltekpel Banten, Capt. Semuel Palembangan mengatakan pada acara ini pihaknya melantik sebanyak 312 lulusan yang berasal dari Program Diploma III, Diklat PelautIII Pembentukan, Diklat Pelaut IV Pembentukan, Diklat Pelaut IV Peningkatan, hingga Diklat Pelaut V Peningkatan. Dengan rincian lulusan sebagai berikut.

Juga Program Diklat Pembentukan Diploma III, sebanyak 140 lulusan; Program Diklat Pelaut Pembentukan III, sebanyak 57 lulusan; Program Diklat Pelaut Pembentukan IV, sebanyak 26 lulusan; Program Diklat Pelaut Peningkatan IV, sebanyak 59 lulusan dan Program Diklat Pelaut Peningkatan V, sebanyak 30 lulusan.

“Lulusan program Diploma-III, Diklat Pelaut Pembentukan III Dan IV Serta Diklat Pelaut Peningkatan IV Dan V telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.03 Dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing yang mencakup empat kriteria, yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi sikap dan kompetensi menghadapi perubahan,” katanya.

Baca juga: Politeknik Pelayaran Sulut pererat kerja sama dengan Lantamal VIII

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024