Jakarta (ANTARA) - Kartu kredit BCA merupakan salah satu layanan perbankan dari Bank BCA yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan fasilitas kredit. Pengguna kartu kredit akan mendapatkan benefit untuk mengubah transaksi menjadi cicilan dengan bunga tetap.

Menurut informasi dari situs resmi Bank BCA, proses pengajuan untuk mendapatkan kartu kredit BCA cukup sederhana. Nasabah dapat memilih untuk mengajukan permohonan kartu kredit BCA melalui pendaftaran online, atau mengunjungi cabang bank secara langsung.

Berikut langkah dan syarat pembuatan kartu kredit yang dapat Anda ikuti: 

Tentukan jenis kartu Kredit

Setiap bank biasanya menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, keunggulan yang ditawarkan, serta batas kredit yang tersedia. Pastikan untuk memilih jenis kartu yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan Anda secara teliti.

Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan

1. Minimal usia 21 tahun
2. Salinan KTP
3. Salinan NPWP
4. Salinan slip gaji
5. Memiliki penghasilan bersih minimal Rp3 juta per bulan
6. Fotokopi buku tabungan minimal 3 bulan terakhir

Cara mengajukan kartu kredit dengan datang secara langsung ke cabang bank

1. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan dan bawa ke layanan pelanggan bank.

2. Bank akan memeriksa dokumen persyaratan yang telah disiapkan.

3. Jika dokumen memenuhi syarat, nasabah akan diminta untuk mengisi formulir permohonan kartu kredit.

4. Persiapkan diri untuk diverifikasi oleh pihak bank

5. Tunggu kabar dari pihak bank. Jika semua kriteria dianggap telah terpenuhi, maka proses akan berlanjut ke tahapan selanjutnya.

6. Lakukan aktivasi kartu kredit jika sudah menerima. Aktivasi dapat dilakukan sendiri melalui online maupun dengan mendatangi langsung kantor bank yang menjadi tempat pengajuan.

7. Buat pin kartu kredit, pengguna kartu kredit diwajibkan untuk membuat PIN baru sebagai proses otentikasi saat melakukan transaksi.

Cara mengajukan kartu kredit melalui online

1. Kunjungi https://webform.bca.co.id/applycc/#/main/dashboard

2. Klik opsi "Aplikasi Online".

3. Setujui syarat dan ketentuan yang muncul dengan mengklik "OK".

4. Anda akan diminta menjawab apakah sudah memiliki kartu kredit BCA atau tidak.

5. Jika Anda sudah memiliki, Anda akan diarahkan untuk memilih peruntukan kartu kredit (untuk diri sendiri atau orang lain) dan mengisi formulir pengajuan sesuai dengan data yang diminta.

6. Jika Anda belum memiliki, Anda akan diarahkan untuk memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, serta mengisi formulir aplikasi dengan data yang diperlukan.

7. Lanjutkan proses pengajuan sampai selesai sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

8. Tunggu verifikasi dan kabar dari pihak bank. Anda akan diberitahu oleh pihak bank, baik melalui SMS atau telepon dari customer service, bahwa pengajuan kartu kredit telah berhasil.

9. Aktivasi kartu kredit, Kartu kredit yang telah diproses akan dikirim ke alamat nasabah. Jika kartu kredit sudah diterima bisa melakukan aktivasi kartu kredit BCA dengan cara mendatangi kantor cabang bank BCA atau BCA Mobile.

10. Buat pin kartu kredit, jika sudah diaktivasi, langkah selanjutnya Anda membuat PIN. Hal ini penting agar segala transaksi Anda menjadi aman.
 

Baca juga: Bisnis kartu kredit dinilai bisa berkembang jika adopsi digitalisasi

Baca juga: BCA dan tiket.com luncurkan kartu kredit bantu pulihkan pariwisata

Baca juga: BCA dan Blibli kerja sama luncurkan kartu kredit

 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024