Badung (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi isyarat dukungan terhadap Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster untuk maju di Pilkada Serentak 2024 sebagai Calon Gubernur Bali.

“Dari sisi komunikasi, dewan pimpinan wilayah dengan Pak Wayan Koster bagus, kami nilai Pak Wayan Koster ini positif,” kata Wakil Ketua Umum PKB Muhammad Hanif Dhakiri di sela-sela pembekalan kepada caleg terpilih mereka di Badung, Bali, Rabu.

Hanif menyampaikan ini ketika disinggung perihal arah dukungan PKB untuk Pilgub Bali, kemudian ia bertanya langsung ke Ketua DPW PKB Bali Bambang Sutiyono di sebelahnya dan memastikan bahwa daerah memang merasa cocok.

Meski Wayan Koster dinilai paling tepat, DPP PKB masih ingin menunggu keputusan resmi, apalagi mereka hingga saat ini belum melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali periode 2018-2023 itu.

“Nanti tunggu saja kalau sudah ada keputusannya, belum bertemu kami kan terima laporannya dari DPW, kalau DPW cocoknya sama beliau ya sudah apa boleh buat,” ujar Hanif.

Ia mengatakan keputusan soal arah dukungan PKB untuk Pilgub Bali akan diumumkan sesegera mungkin, namun dipastikan sejauh ini belum ada perubahan soal kuatnya arah dukungan ke Wayan Koster.

Hanif Dhakiri sendiri menegaskan bahwa saat ini PKB sedang fokus dalam pembekalan sekolah pemimpin perubahan, yaitu kaderisasi yang didesain DPP untuk calon legislatif terpilih mereka pasca-Pemilu 2024.

“Kali ini yang di Bali, wilayah III meliputi Bali, NTB, NTT, Maluku dan Maluku Utara, ada sekitar 200-an orang terpilih, kami latih selama tiga hari, mudah-mudahan mereka dengan pembekalan ini bisa tampil sebagai anggota DPR, DPRD yang manfaat,” ujarnya.

Kegiatan pengkaderan ini sendiri sengaja digelar di Bali, sebab partai berlambang bola dunia itu di Pulau Bali juga ingin besar, bahkan keseriusannya hingga mendatangkan Ketua PKB Muhaimin Iskandar di tengah-tengah kader.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024