Sudah ada pengumuman PVMBG tentang penurunan status Semeru dari level III ke level II. Namun kita perlu mempersiapkan sebelum pendakian dibuka
Malang (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melakukan sejumlah persiapan sebelum membuka pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur, usai Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status gunung setinggi 3.676 mdpl itu.
 
Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, mengatakan bahwa meskipun status Gunung Semeru sudah diturunkan dari Siaga atau level III menjadi Waspada atau level II, pihaknya perlu melakukan sejumlah persiapan.
 
"Sudah ada pengumuman dari PVMBG tentang penurunan status Semeru dari level III menjadi level II. Namun demikian, kita perlu mempersiapkan sebelum pendakian dibuka," kata Septi.
 
Septi menjelaskan sejumlah hal yang perlu disiapkan terkait pembukaan pendakian Gunung Semeru tersebut di antaranya terkait dengan kelengkapan sarana dan prasarana, termasuk kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran.
 
Menurutnya, pendakian Gunung Semeru yang sudah cukup lama ditutup akibat peningkatan aktivitas tersebut, dipastikan akan menarik banyak minat pendaki pada saat kembali dibuka. Namun, BB TNBTS akan melakukan sejumlah pembenahan sebelum membuka pendakian.

Baca juga: Turis ke Bromo diminta waspadai kebakaran hutan saat kemarau

Baca juga: Penurunan suhu ekstrem di Bromo sebabkan munculnya embun es


 
"Saya yakin banyak pecinta Gunung Semeru yang sudah rindu. Namun kita akan benahi beberapa hal sebelum Semeru dibuka. Kita tidak langsung membuka pendakian setelah ada penurunan status," katanya.
 
Sebagai informasi, pendakian Gunung Semeru ditutup oleh Balai Besar TNBTS sejak 3 Juli 2021. Gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut kemudian mengalami erupsi besar pada 4 Desember 2021.
 
Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang terletak di wilayah Jawa Timur, dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Sumatera, dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
 
Semeru terletak di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca juga: Kunjungan wisatawan Bromo saat libur Idul Adha capai 8.169 orang

Baca juga: Kawasan Gunung Bromo ditutup untuk wisatawan pada 21-24 Juni




 
 
 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024