"InsyaAllah besok (saya ambil rekomnya),"
Surabaya (ANTARA) - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapatkan tambahan partai pengusung untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"InsyaAllah besok (saya ambil rekomnya)," kata Khofifah usai menjalani pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Surabaya, Rabu.
 
Meski begitu, Khofifah enggan membeberkan parpol kedelapan yang akan memberikan rekomendasi kepadanya. Sinyal kuat rekomendasi itu diberikan oleh PKS, karena partai ini sempat mengaku sedang intens berkomunikasi dengan petahana.
 
Diketahui, Khofifah dan wakilnya Emil Elestianto Dardak sudah mengantongi tujuh rekomendasi parpol untuk maju Pilkada Jatim 2024 yakni, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PSI. Sementara sisanya, PDIP, PKB, PKS dan NasDem belum bersikap.
 
Namun khusus PDIP dan PKB terus dikaitkan dengan poros baru. Khofifah pun tidak mempersoalkan hal tersebut. Menurutnya, setiap parpol punya hak untuk mencalonkan siapa pun menjadi bakal calon kepala daerah (bacakada) asalkan kursinya mencukupi di parlemen.
 
"Sampeyan (perseorang) lho juga punya hak kok. Semuanya hak untuk saling berikhtiar. Ini proses demokrasi, semuanya harus memberikan ruang yang sama kepada masing-masing semua pihak. Kalau ini kontestasi, harus membangun sinergi dengan yang berproses," katanya.
 
Ketika ditanya mengenai komunikasi Khofifah dengan PDIP terputus, ia enggan menjawabnya. Diketahui, Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah sempat melakukan pertemuan tertutup dengan Khofifah beberapa waktu lalu. Said mengakui kalau pertemuan itu membahas seputar Pilkada Jatim 2024.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024