Jakarta (ANTARA) -
Ibu Negara Iriana Jokowi membuka Lomba Nasional Senam Kreasi (LNSK) 2024, yang memperebutkan Piala Ibu Negara dan bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga bagi wanita Indonesia agar sehat dan kuat.

Kegiatan hasil kerja sama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) itu, diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia dan dibuka oleh Iriana dengan didampingi oleh Ketua Umum OASE KIM Tri Tito Karnavian di Hall A GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

"Dengan ini saya membuka secara resmi Lomba Nasional Senam Kreasi Tahun 2024," kata Iriana dalam laman Kemenpora yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Ketua Panitia LNSK Piala Ibu Negara RI 2024, Niena Kirana Dito Ariotedjo, mengatakan kegiatan itu mengusung tema "Senam Kreasi Wujud Prestasi Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat".

Harapannya, lanjut dia, lomba itu menjadi ajang prestasi olahraga, melalui perwujudan semangat dan kreativitas perempuan Indonesia.

Menurut Niena, LNSK merupakan bagian dari upaya memasyarakatkan olahraga untuk wanita di Indonesia, guna menjadi modal dalam membangun keluarga yang sehat dan kuat untuk kemajuan negara ke depan.

"Senam Kreasi adalah salah satu bentuk olahraga rekreasi yang menggabungkan senam dan kreasi nusantara dan dapat dilakukan oleh perempuan berbagai usia," kata istri Menpora Dito Ariotedjo itu.

Ia menambahkan, melalui kegiatan tersebut semangat kebersamaan membangun olahraga nasional dari semua peserta, diharapkan bisa terwujud sehingga berdampak positif untuk negara.

"Merupakan prestasi tersendiri bagi kami semua, dapat menghadirkan perwakilan dari hampir seluruh provinsi di Indonesia untuk berkompetisi dalam semangat dan sportivitas olahraga," ujar dia.

Baca juga: Iriana-Wury dan OASE KIM buka lomba nasional senam kreasi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024