Jakarta (ANTARA) - Iriana Joko Widodo, Wury Ma'ruf Amin, dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) secara resmi membuka Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024, yang diselenggarakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Rabu.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini secara resmi saya mulai Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024," kata Iriana dan Wury secara bersama-sama membuka perlombaan, dalam keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Lomba senam Piala Ibu Negara kembali digelar setelah terganjal COVID

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa lomba senam kreasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh OASE.

Pada ajang perlombaan ini, OASE juga bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Perwosi.

"Lomba senam kreasi Piala Ibu Negara ini adalah kegiatan rutin dari OASE KIM yang bekerja sama dengan Kemenpora dan Perwosi. Piala Ibu Negara ini diperebutkan tiap tahun dan ini sudah berlangsung yang ketiga kali," kata Tri Tito.

Tahun ini lomba senam kreasi Piala Ibu Negara mengusung tema "Senam Kreasi Wujud Semangat dan Kreativitas Olahraga Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat."

Tri Tito mengatakan bahwa perlombaan tahun ini diikuti oleh 46 tim yang berasal dari 34 provinsi.

Baca juga: 150 tim poco-poco perebutkan Piala Ibu Negara

Baca juga: Kemenpora gelar lomba senam agar warga berolahraga saat #dirumahaja


"Pesertanya dari seluruh provinsi saat ini ada 46 tim. Mereka sudah melalui seleksi dari setiap provinsi. Senam kreasi ini menampilkan gerakan-gerakan yang diiringi musik ada unsur daerahnya," tuturnya.

OASE KIM dan Perwosi selaku penyelenggara berharap peserta bisa menampilkan kearifan lokal dari masing-masing daerah.

Ketua Perwosi juga berharap perlombaan ini dapat menumbuhkan semangat olahraga di kalangan masyarakat, khususnya perempuan, apalagi jenis olahraga senam, dapat dilakukan secara bersama-sama dari tingkat kelurahan hingga provinsi.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024