Palembang (ANTARA) -
Kementerian Agama Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan 5.000 paket Lebaran untuk yatim piatu dalam momentum peringatan Idul Yatama atau Hari Raya Yatama atau Lebaran Anak Yatim setiap tanggal 10 Muharam.
 
"Kami bersama Baznas Sumsel membagikan 5.000 paket santunan kepada anak yatim yang tersebar di provinsi ini dan secara simbolis kami lakukan penyaluran sejak kemarin di kantor Kemenag setempat," kata Kabag TU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan dikonfirmasi di Palembang, Rabu.

Baca juga: Pemkab Lombok Utara laksanakan Lebaran Anak Yatim
 
Ia menambahkan pihaknya mengapresiasi dukungan dan kerja sama dari Baznaz dan LAZ Provinsi Sumatera Selatan dalam menyemarakkan acara Lebaran Yatim yang dipadukan dengan Kick Off Kolaborasi Program Pemberdayaan Zakat dan Wakaf 2024.
 
Ia menyebutkan acara nasional itu mengangkat semangat Muharram dengan Lebaran Yatim berbagi cinta berlimpah berkah. Momentum ini berkaitan dengan peringatan Idul Yatama atau Hari Raya Yatama atau Lebaran Anak Yatim setiap tanggal 10 Muharam.
 
Ia mengutip salah satu hadits Rasulullah SAW yang artinya orang-orang yang mencintai dan mengasihi anak yatim kelak akan sangat dekat dengan Rasulullah SAW sebagaimana jari telunjuk dan jari tengah.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim Lebaran bersama anak yatim di Samarinda

Baca juga: Peringati 10 Muharram, ribuan anak yatim di Jambi diberikan santunan
 
Ia juga memberikan semangat kepada anak-anak yatim yang hadir. Ia mengatakan bahwa banyak tokoh besar dunia dan pemimpin bangsa ini yang merupakan anak yatim dahulunya.
 
“Sebut saja Presiden Soekarno, Soeharto, Habibie dan banyak tokoh besar lainnya yang berasal dari anak yatim. Untuk itu wahai anak-anakku, jangan pernah bersedih hati, kalian adalah anak yang mulia dan kelak pasti akan menjadi orang hebat,” katanya.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024