Jakarta (ANTARA) - WhatsApp telah mengumumkan peluncuran filter yang disebut "Favorit" untuk memungkinkan pengguna dengan cepat menemukan obrolan dari orang dan grup yang paling penting serta langsung terhubung dengan mereka melalui panggilan dari bagian atas tab panggilan.

Dikutip dari TechCrunch, Selasa (16/7) waktu setempat, filter "Favorit" mulai diluncurkan pada hari Selasa (16/7) dan akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu mendatang.

Filter ini memungkinkan pengguna menyimpan semua obrolan dari sahabat atau grup keluarga di satu tempat untuk akses cepat.

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur penerjemah bisa mudahkan obrolan beda bahasa

Baca juga: WhatsApp kembangkan generator Avatar AI yang dipersonalisasi


Aplikasi pesan instan ini juga menambahkan bagian "Favorit" ke tab panggilan untuk mempermudah panggilan cepat ke kontak favorit tanpa perlu mencari melalui log panggilan terbaru atau menemukan kontak mereka dari buku kontak.

Untuk menambahkan kontak atau grup ke daftar favorit, pilih filter "Favorit" dari layar obrolan atau ketuk opsi "Tambahkan favorit" setelah memilih kontak atau grup tertentu dari tab panggilan.

Pengguna juga dapat menambahkan obrolan ke favorit dengan mengetuk lama dan memilih "Tambahkan ke favorit." Demikian juga, WhatsApp telah menyediakan opsi untuk mengelola kontak dan grup favorit dengan masuk ke Pengaturan > Favorit > Tambahkan ke Favorit. Pengguna juga dapat menyusunnya kembali berdasarkan preferensi.

WhatsApp terlihat menguji fitur untuk memilih kontak favorit di iOS dan web pada bulan Februari, seperti yang dilaporkan oleh WABetaInfo. Fitur ini juga muncul di Android pada bulan April.

Pembaruan terbaru ini datang tiga bulan setelah WhatsApp memperkenalkan filter obrolan. Aplikasi milik Meta ini awalnya merilis "Semua," "Belum dibaca," dan "Grup" sebagai tiga filter.

Namun, penambahan "Favorit" membuat filter obrolan menjadi lebih berguna karena orang-orang mengandalkan cara alternatif untuk dengan cepat menelepon atau melakukan panggilan video dengan kontak favorit mereka melalui WhatsApp tanpa adanya filter asli.

Baca juga: Cara praktis salin kontak WhatsApp via kode QR

Baca juga: Cara mudah login WhatsApp Web

Baca juga: Cara sadap WhatsApp hingga ganti baterai EV makin murah

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024