Jakarta (ANTARA) - Muazin dianjurkan membaca doa ini setelah mengumandangkan adzan. Doa setelah Azan ini dianjurkan karena memiliki keutamaan dalam terkabulnya doa yang dipanjatkan seseorang.

Adzan merupakan panggilan bagi umat Islam untuk segera menunaikan ibadah sholat fardhu dalam lima waktu. Setelah mendengar adzan, dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan dan segera melaksanakan ibadah sholat.

Selain doa setelah azan, doa setelah iqomah juga sangat dianjurkan.

Baca juga: Bacaan doa Qunut arab, latin, dan penggunaannya

Keutamaan membaca doa setelah adzan dijelaskan dalam hadist berikut ini.

Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah.” (HR. Ahmad melalui jalur Anas Ibn Malik RA)

Muazin dan siapa pun yang mendengar adzan, dianjurkan untuk berdoa. Hadits ini mempunyai tafsir mutlak, sehingga doa apapun yang ingin dipanjantkan dibolehkan dengan niat yang tulus.
 

Doa setelah Adzan

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَنِ اْلوَسِيْلَةَ وَاْلفَضِيْلَةْ وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوْدًا اَّلذِيْ وَعَدْتَهْ

Allahumma rabba hadzihid da'watit tammah, washshalatil qa-imah, ati sayyidana muhammadanil washilata wal fadhilah, wab'atshu maqamam mahmudanil ladzi wa'adtah.

Artinya, “Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada Junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.

Baca juga: Macam-macam doa Qunut, tata cara dan bacaannya

Doa setelah Iqomah

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْصَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأٰتِهِ سُؤْلَهُ يَوْمَ الْقِيَا مَةِ

Allahumma rabba hadzihid da'watit tammah, washshalatil qa-imah, shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa aa tihi su’lahu yaumal qiyaa mati.

Artinya, “Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, curahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw, dan berilah/kabulkanlah segala permohonannya pada hari kiamat.

Itulah doa setelah adzan dan iqomah, umat Islam diharapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat nanti.

Hadist riwayat Jabir bin Abdullah, Rasulullah bersabda “Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti muhammadanil wasīlata wal fadhīlah, wab‘atshu maqāmam mahmūdanil ladzī wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.” (HR Bukhari).

Baca juga: Tata cara baca Doa Qunut saat shalat sendiri dan berjamaah

Baca juga: Bacaan doa iftitah dalam bahasa Arab dan latin serta keutamaannya


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024