Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita Humaniora pada Selasa mendapat banyak perhatian pembaca dan menarik untuk disimak kembali, mulai dari suhu dingin di Pulau Jawa hingga pertemuan lima Nahdliyin dengan Presiden Israel.
 
Adapula warta tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada 10 Muharram hingga potensi zakat untuk mengentaskan masyarakat miskin.
 
Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.
   
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan keberadaan Angin Monsun Australia dan posisi matahari yang berada di sisi utara bumi menjadi pemicu suhu dingin melanda sebagian besar wilayah di Pulau Jawa.
 
Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa Angin Monsun Australia (Timur) yang kering dan membawa sedikit uap air tersebut saat ini berhembus menuju benua Asia dengan melewati perairan Samudera Hindia.
 
 
 
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menegaskan pertemuan lima orang warga NU (nahdliyin) dengan Presiden Israel Isaac Herzog tidak mewakili PBNU sebagai organisasi.
 
"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dengan lembaga-lembaga terkait di bawah PBNU bahwa lembaga-lembaga yang personelnya berangkat itu sama sekali tidak tahu menahu, tidak ada mandat kelembagaan. Sehingga yang dilakukan oleh anak-anak tempo hari itu adalah tanggung jawab pribadi dan tidak terkait dengan lembaga," tegas Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

 
Tanggal 10 Muharram, yang dikenal sebagai Hari Asyura, memiliki tempat istimewa dalam sejarah Islam.
 
Banyak peristiwa penting terjadi pada hari tersebut, menjadikannya peristiwa mulia para rasul dan pengingat bagi umat Islam.

Salah satu peristiwa pada 10 Muharram adalah penyelamatan Nabi Musa AS dan Bani Israel dari kejaran Fir'aun.

 
Sejumlah wilayah di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai mengalami kekurangan air bersih karena beberapa titik sumber mata air mulai berkurang memasuki musim kemarau 2024.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto, di Situbondo, Selasa, mencatat ada 11 dusun yang tersebar di delapan desa yang sudah mengalami kekurangan air bersih.
   
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan potensi zakat di Indonesia yang mencapai Rp327 triliun harus dioptimalkan agar menjadi instrumen penting dalam pembangunan.
 
"Potensi zakat yang dapat mencapai Rp327 triliun harus dioptimalkan agar menjadi instrumen penting dalam pembangunan demi mewujudkan keadilan sosial di masyarakat," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutan saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Ke-10 Forum Zakat bertema "Gerakan Zakat Menyongsong Indonesia Emas 2045" di Istana Wapres, Jakarta, Selasa.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024