sebagai tuan rumah PON XXI harus mampu memberikan pencapaian positif dari sektor infrastruktur, ekonomi, sumber daya manusia (SDM) dan pariwisata.
Medan (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Utara Sutarto meminta kepada panitia penyelenggara agar melibatkan mahasiswa dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan 8-20 September 2024.

"Kita harus mendorong pelibatan mahasiswa untuk memberikan sumbangsih dalam penyelenggaraan ajang nasional ini," ujar Sutarto di Medan, Selasa.

Dia mengatakan pelibatan mahasiswa sebagai dalam PON 2024 tersebut sebagai pengembangan keterampilan individu dan menambah ilmu pengetahuan di luar kampus.

Di antaranya, menurut Sutarto, mahasiswa dapat dilibatkan menjadi tenaga penghubung para tamu maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Sumut ini.

Sebagaimana PON di Sumut ini juga salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata seperti Berastagi di Kabupaten Karo, Bukit Lawang di Kabupaten Langkat, Danau Toba, bangunan sejarah di Kota Medan dan lainnya.

"Kami harap mahasiswa menjadi duta PON, tenaga pemandu atau penghubung dalam memeriahkan ajang muticabang di wilayah ini," kata dia.

Sutarto menambahkan sebagai tuan rumah PON XXI harus mampu memberikan pencapaian positif dari sektor infrastruktur, ekonomi, sumber daya manusia (SDM) dan pariwisata.

Tak lupa, dia mengatakan, pelibatan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk lokal dalam ajang nasional ini sebagai peningkatan perekonomian.

Sebelumnya, Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Besar (PB) PON Sumut Ismael Sinaga mengatakan kesuksesan penyelenggaraan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut membutuhkan peran dari seluruh elemen termasuk peran masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan PON 2024. Kami membuka rekrutmen relawan PON bagi masyarakat," ujar Ismael.

Dia menjelaskan pada pelaksanaan PON 2024, PB PON Sumut membutuhkan klasifikasi volunter yang akan bertugas sesuai kebutuhan pada ajang nasional tersebut.

Dalam rekrutmen tersebut, kata dia, pihaknya bersama pemangku kebijakan memasifkan sosialisasi sehingga masyarakat mengetahui serta berminat menjadi bagian dari penyelenggara PON 2024 itu.

"Langkah pertama yang diambil adalah mengadakan sosialisasi secara masif terkait PON XXI. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta sebagai volunteer," kata dia.
Baca juga: Pemprov Sumut menargetkan operasional UMKM di PON 2024 gratis
Baca juga: PB PON Sumut siapkan 57 RS rujukan untuk PON 2024
Baca juga: Kemenhub berikan bantuan 239 bus untuk PON 2024 di Sumut

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024