Denpasar (ANTARA) -
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menerima kunjungan kehormatan dari Angkatan Darat Australia (Australian Army).

Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan Army Staff Talks (AST) antara TNI AD dengan Angkatan Darat Australia di Ruang Tamu Pangdam, Makodam lX/Udayana, Denpasar, Selasa.

Rombongan delegasi Angkatan Darat Australia yang dipimpin Majgen Chris Smith (DCA) disambut langsung oleh Pangdam IX/Udayana beserta staf yang diawali dengan penerimaan hormat jajar dari Dinas Keamanan Makodam IX/Udayana.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan hari kedua kegiatan Army Staff Talks yang digelar di Bali.

Pada kesempatan itu Pangdam Udayana Bambang Trisnohadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan delegasi Angkatan Darat Australia di Kodam IX/Udayana.

Saat itu, Pangdam memperkenalkan para perwira staf yang mendampinginya, antara lain Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana dan para Asisten Kasdam lX/Udayana.

"Saya selaku Panglima Kodam IX/Udayana secara pribadi menyambut Bapak dan Ibu sekalian di Bali. Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk bertukar informasi dan membangun hubungan yang dilandasi rasa saling menghormati," ujar Pangdam.

Pangdam menjelaskan secara singkat tentang pelaksanaan tugas pokok Kodam IX/Udayana. Terdapat tugas operasi militer perang dan operasi militer selain perang, yang di antaranya menjaga keamanan perbatasan darat RI-RDTL dan pulau-pulau terpencil, serta melaksanakan pembangunan.

Dia menyebutkan wilayah Kodam IX/Udayana mencakup tiga provinsi, yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang merupakan tujuan wisata dari dalam dan luar negeri, terutama Bali yang memiliki banyak tempat indah dan budaya tradisional.

"Semoga pertemuan kita dapat menghasilkan diskusi yang bermanfaat dan anda mendapatkan informasinya," kata Pangdam.

Sementara itu, Majgen Chris Smith (DCA) mengucapkan terima kasih kepada TNl Angkatan Darat, khususnya Kodam lX/Udayana atas penyambutannya.

Pihaknya juga memperkenalkan rombongan yang mendampingi, di antaranya Colonel Tim Warner (AA), Ltc Thomas Whale, Major Darran Charles, Major David Caligari Major William Miles dan WO2 Deane Rigney (DAA).

Selain bersilaturahmi, Majgen Chris Smith (DCA) juga menyampaikan tujuan kedatangannya ke Makodam IX/Udayana yaitu dalam rangka melaksanakan kegiatan Army Staff Talks tahun 2024 di Bali.

“Semoga melalui kegiatan latihan bersama antar Angkatan Darat kedua negara ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," katanya.

Kegiatan Army Staff Talks tahun. 2024 yang digelar di The Sakala Resort Benoa Bali tersebut dimulai dari tanggal 15 - 19 Juli 2024.

Adapun peserta dari Delegasi TNI AD yang mengikuti kegiatan tersebut, di antaranya Aslat Kasad Mayjen TNI Jonathan B. P. Sianipar, Kolonel Inf Semuel J. Aling, Letkol Inf Arif Hermad, Mayor Inf Andrianto, Kapten Arh Angga dan Lettu Inf David (LO).

Baca juga: TNI AL dan Australia survei bersama perairan ZEE Indonesia selatan
Baca juga: TNI AL dan Tentara Australia latihan serbuan amfibi di Dabo Singkep

 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024