Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis tim nasional bola basket putra U-18 Indonesia bisa menjadi juara dalam ajang Southeast Asia Basketball Association (SEABA) U-18 2024 di Malaysia pada 19-21 Juli mendatang.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, ia berharap para atlet muda olahraga tersebut mampu mengukir prestasi terbaik di ajang se-Asia Tenggara itu.
 
"Saya melihat perfoma para atlet dalam kondisi baik, saya berharap para atlet bisa juara di ajang SEABA U18 di Malaysia nanti," kata Dito saat melepas tim tersebut di Media Center Kemenpora.
 
Ia membeberkan, melalui turnamen internasional itu dirinya juga berharap, para atlet muda kebanggaan Indonesia bisa menambah jam terbang dan pengalaman, sekaligus mengukir prestasi terbaik.

Baca juga: PP Perbasi fokus persiapan SEABA U-18 Malaysia
 
Dito yakin pembinaan yang dilakukan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), akan membuahkan hasil yang terbaik di ajang tersebut.
 
"Prinsipnya Kemenpora sangat mengapresiasi PP Perbasi yang telah melakukan pembinaan terhadap bola basket Indonesia. Pembinaan itu adalah fokus kami di Kemenpora agar semua cabang olahraga melakukan pembibitan atlet usia muda," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Ia menambahkan, melalui pembibitan yang berjenjang dan konsisten, prestasi tingkat junior hingga senior bisa terus meningkat, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu kekuatan besar bola basket di Asia.
 
Minimal, tambah dia, skuad Garuda bisa mempertahankan prestasi di SEA Games 2021 yang dilaksanakan pada 2022.
 
Jika Timnas Basket Putra U-18 ini bisa melangkah mulus di SEABA, maka skuad U-18 akan mendapat tiket ke FIBA Asia Cup 2024.
 
Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung pada 2-9 September di Amman, Yordania.

Baca juga: Usai SEABA U-18, Timnas Putri langsung dipersiapkan untuk FIBA U-18

Baca juga: Pelatih tegaskan Timnas U-18 Putri siap bertarung di SEABA 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024