Saat ini produksi UMKM sudah sangat bagus, dari kualitas rasa yang bervariasi juga pengepakan yang sangat menarik
Jakarta (ANTARA) - KAI Services dan BNI melakukan kerja sama dan kolaborasi memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) penyedia makanan ringan atau snack lokal di atas kereta, sehingga sektor tersebut bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

"Saat ini kami melalukan inovasi dan kolaborasi khususnya dengan UMKM mitra binaan BNI yang berorientasi ekspor guna memenuhi pasar yang tersebar di Pulau Jawa dari Jakarta sampai Banyuwangi," kata Director of Consumer Business KAI Services Lies Permana Lestari dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Lies menyampaikan bahwa selain Jakarta-Banyuwangi, produk-produk unggulan UMKM yang telah dikurasi dari kualitas rasa dan pngepakan yang menarik, menjangkau pasar di Pulau Sumatera, dari Tanjung Karang, Medan, Palembang dan Padang.

“Saat ini produksi UMKM sudah sangat bagus, dari kualitas rasa yang bervariasi juga pengepakan yang sangat menarik sehingga dapat memberikan keunikan bagi produk yang dijual di atas KA," ujar Lies.

Ia menuturkan, KAI Services sangat mendukung dan memiliki komitmen dalam pemberdayaan UMKM bekerja sama dengan UMKM binaan BNI, atau yang dikenal dengan nama BNI Xpora.

Dia mengungkapkan, UMKM yang digandeng untuk kolaborasi adalah UMKM yang telah memasuki pasar-pasar ekspor seperti ke Jepang, Korea, Eropa, hingga Amerika.

Ia menjelaskan, BNI Xpora merupakan ekosistem UMKM berorientasi ekspor yang mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, & Go Global serta menjadi layanan bagi para diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri.

"Kerja sama ini akan memberikan manfaat ekonomis bagi para pelaku UMKM tersebut dan sebagai wujud nyata kami dalam mendukung produk lokal khususnya dari UMKM unggulan," tuturnya.

Meski begitu, Lies mengatakan bahwa program kolaborasi KAI Services dan BNI dalam memberdayakan UMKM itu akan mulai berjalan pada 5 Agustus 2024 mendatang. Makanan ringan dari UMKM binaan BNI akan dijual di semua nomor kereta baik ekonomi maupun eksekutif.

“Tahun ini merupakan momen KAI Services menggandeng dan memberdayakan UMKM untuk bersinergi bersama kuliner kereta," kata ujar Lies.

Sementara itu, Division Head Retail Productive Banking BNI M. Safri Hidayat mengatakan bahwa BNI Xpora senantiasa berupaya membukakan akses pasar bagi UMKM Binaannya, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Untuk itu BNI Xpora menyambut baik kerjasama dengan KAI Service dalam menyediakan UMKM yang produknya dapat dijual di atas kereta api," ujar Hidayat.

Dia berharap kerja sama itu dapat berkelanjutan ke depannya dan semakin banyak varian produk UMKM binaan BNI Xpora yang bisa dibeli di atas kereta api.

"Kerja sama antara KAI Services dan BNI dilakukan dalam bidang penyediaan snack lokal khas Indonesia dari beberapa UMKM daerah pilihan," kata Hidayat.

Baca juga: KAI Logistik tingkatkan layanan Kalog Express 7 hari dalam seminggu
Baca juga: KAI 2024 tekankan pentingnya pengamanan siber dalam audit internal


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024