Jakarta (ANTARA) - YouTube Music meluncurkan fitur-fitur baru seperti pencarian musik dengan bantuan suara dan fitur pembuatan daftar putar oleh teknologi kecerdasan buatan (AI).

Dilansir Engadget pada Selasa, YouTube Music kini menghadirkan fitur yang memudahkan penggunanya untuk menemukan sebuah lagu cukup dengan menggunakan suara.

YouTube mengklaim fitur ini memudahkan pengguna dalam mencari lagu dari koleksi 100 juta lagu resmi yang tersedia katalog YouTube Music.

Baca juga: YouTube Music tingkatkan layanan dengar musik di desktop

Untuk menggunakannya, pengguna pilih kolom Search dan mengetuk ikon berbentuk gelombang. Setelah itu, YouTube Music akan menampilkan tampilan antarmuka khusus pada layar.

Kemudian pengguna dapat menyanyikan atau menggumamkan potongan lirik dan nada lagu yang diketahui. Selain lewat suara nyanyian, pengguna juga bisa menemukan lagu yang ingin dicari dengan memainkannya menggunakan alat musik.

Fitur yang diuji coba pada Maret 2024 tersebut, kini tersedia bagi semua pengguna YouTube Music di Android maupun iOS.

Baca juga: YouTube Music permudah pencarian dengan fitur pengenalan lagu

Selain fitur pencarian musik dengan suara, YouTube Music juga menghadirkan fitur yang disebut "AI-generated conversational radio".

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa membuat daftar putar lagu sesuai selera pengguna cukup dengan mengucapkan perintah berisi deskripsi jenis lagu yang ingin didengar.

Setelah mengucapkan perintah, AI pada YouTube Music akan membuat daftar putar yang berisi lagu-lagu sesuai deskripsi yang diucapkan.

Saat ini, fitur daftar putar berbasis AI itu baru tersedia untuk beberapa pengguna terpilih karena masih dalam tahap uji coba. YouTube berencana untuk merilis fitur tersebut untuk publik dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Samples YouTube Music beri kemudahan temukan lagu baru

Baca juga: YouTube Music luncurkan fitur lirik "real-time" di Android

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024