Dengan inovasi yang dibawa oleh BNV Arcade, efisiensi operasional BNI Group berpotensi meningkat secara signifikan
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui anak perusahaannya di industri modal ventura, yakni BNI Ventures, menghadirkan program BNV Arcade yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem perusahaan rintisan atau startup.

Perseroan menyampaikan, BNI Ventures memperkuat keterlibatannya dalam ekosistem BNI Group, termasuk modal ventura dan startup, melalui kerja sama dengan mitra dari ekosistem startup yaitu KUMPUL.ID, Block 71, dan Tech In Asia.

“BNV Arcade merupakan langkah konkret untuk menciptakan platform yang memungkinkan startup mengembangkan ide-ide inovatif yang dapat diintegrasikan ke dalam ekosistem BNI Group. Program ini bertujuan memperkuat sinergi antara startup dan BNI Group,” kata Chief Executive Officer BNI Ventures Eddi Danusaputro melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Menurut perseroan, BNV Arcade sejalan dengan peta jalan menuju Indonesia Emas 2045 yang bertujuan mendukung percepatan pertumbuhan startup melalui peningkatan digitalisasi. Tingkat entrepreneurship diharapkan meningkat dari 3 persen pada tahun ini menjadi 8 persen pada tahun 2045.

BNV Arcade memiliki inisiatif untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan inovasi dan pertumbuhan bisnis di ekosistem BNI Group. Di samping itu, program ini juga menciptakan peluang bagi para entrepreneur untuk mengembangkan startup melalui akses ke sumber daya, jaringan, dan pendanaan yang diperlukan.

Terdapat tiga inisiatif utama dalam BNV Arcade yang mengusung konsep gamification salah satunya “Match Arc” yang bertujuan untuk meningkatkan kesinambungan bisnis antara startup dan unit bisnis BNI Group.

Di samping itu, terdapat inisiatif “Axel Arc” yang merupakan program akselerator terdiri dari mentoring serta akses pasar serta “Forge Arc” yang merupakan inisiatif dalam pengembangan venture builders.

Direktur Technology & Operations BNI Toto Prasetio menambahkan bahwa peluang kerja sama dengan startup inovatif dalam aspek operasional dapat terbuka lebar melalui aktivitas sinergi, investasi, dan inovasi yang dilakukan oleh BNI Ventures. Dia memandang, program inovasi seperti BNV Arcade memiliki potensi yang besar dalam membawa inovasi dan teknologi terbaru ke dalam BNI Group.

“Dengan inovasi yang dibawa oleh BNV Arcade, efisiensi operasional BNI Group berpotensi meningkat secara signifikan," ujar Toto.

Sementara itu, Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini menilai bahwa BNV Arcade mampu menciptakan solusi inovatif yang tidak hanya relevan tetapi juga mampu memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

“Melalui pendekatan kolaboratif ini, kita dapat merespons dinamika pasar dengan lebih cepat, mengidentifikasi peluang investasi yang menguntungkan, dan mengelola risiko dengan lebih baik. Hasilnya, kegiatan ini dapat meningkatkan value BNI Group dalam memperkuat posisi kompetitif BNI Group di pasar,” kata Novita.

BNV Arcade telah diluncurkan pada Jumat (12/7) di Menara BNI, Jakarta, yang diikuti dengan sesi diskusi bersama para pendiri startup. Pada kesempatan tersebut, startup Kecilin.id, Rukita, dan Fishlog juga menandatangani kerja sama dengan unit bisnis BNI, menandai komitmen BNI Ventures dalam mendukung kolaborasi dan inovasi antara startup dan korporat dalam ekosistem BNI.

Baca juga: BNI salurkan Rp120 miliar kredit UMKM ekspor di Bali
Baca juga: BNI blokir 214 rekening terindikasi judi online hingga Juni 2024
Baca juga: BNI perkuat ekosistem keuangan kampus lewat kehadiran ULT di ITB

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024