Kami sangat berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Halmahera Tengah.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan tambang PT Weda Bay Nickel (WBN) mendukung program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di bidang infrastruktur penunjang melalui corporate social responsibility (CSR) dengan membangun instalasi pengolahan air bersih.

Untuk itu, perusahaan yang beroperasi di Halmahera Tengah tersebut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah membangun instalasi pengolahan air bersih berupa water intake dan water treatment plant (WTP) di sejumlah wilayah, di Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

"Kami sangat berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Halmahera Tengah, terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti air bersih," kata Direktur PT WBN Kevin HE Xiaozhen melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Adapun, kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan pada Rabu (3/7) diwakili oleh Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah Ikram M Sangadji dan Direktur PT WBN Kevin HE Xiaozhen.

Proyek tersebut bagian dari komitmen PT WBN untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Halmahera Tengah, tepatnya di area Desa Sawai, Desa Waibulan, Desa Lokuman, Desa Woekob, Desa Woejerana, Desa Kulo Jaya, dan sekitarnya.

Dengan dimulainya proyek pembangunan instalasi pengolahan air bersih tersebut, PT WBN terus berkomitmen dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat di Halmahera Tengah.

"Kami harap kerja sama ini dapat memperkuat hubungan antara PT WBN dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah serta membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat," ujar Kevin.

Water Intake dan WTP itu nantinya akan menyuplai 15.000 meter kubik per hari untuk masyarakat sekitar. Perusahaan bertanggung jawab terhadap biaya dan seluruh aspek teknik, mulai dari detail engineering design (DED), pembangunan hingga commissioning dan serah terima.

Sebelumnya, pada Agustus 2023, PT WBN juga telah menginisiasi pembangunan instalasi pengolahan air bersih di Weda, Kabupaten Halmahera Tengah. Proyek tersebut berhasil meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat setempat dan menjadi inspirasi bagi inisiatif yang lebih luas pada tahun 2024 ini.
Baca juga: Pertamina RU VII bangun sarana air bersih masyarakat Klayas Sorong
Baca juga: CSR: KJL kembali lakukan pengeboran air bersih di Serang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024