Kami terus mendorong perusahaan seperti Hyundai atau otomotif lain untuk menyerap tenaga kerja lokal
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyambut positif beragam inovasi yang diciptakan kalangan perusahaan sebagai bentuk dukungan pengembangan daerah itu sebagai pusat industri otomotif nasional.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku bangga terhadap komitmen PT Hyundai Manufacturing Motor Indonesia (HMMI) dengan menciptakan kendaraan elektrik komprehensif di Indonesia sekaligus turut serta mendukung pengembangan mobil listrik untuk menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai pusat industri otomotif.

"Pemkab Bekasi untuk kesekian kali merasa bangga dengan kehadiran PT HMMI di kawasan industri GIIC Deltamas yang mampu memproduksi mobil listrik pertama dengan baterai buatan Indonesia. Memberikan dampak positif pada lingkungan dan ekonomi lokal," katanya di Cikarang, Selasa.

Ia mengatakan sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam dunia investasi sektor otomotif, HMMI memiliki peluang besar sekaligus menjadi contoh perusahaan lain untuk mengembangkan usaha di Kabupaten Bekasi sehingga berdampak terhadap tercipta lowongan pekerjaan baru.
Penjabat Bupati Bekasi menghadiri peluncuran kendaraan listrik All-New KONA Electric di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, kawasan industri GIIC Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Menyangkut penyerapan tenaga kerja lokal yang menjadi perhatian khusus pemerintah daerah, HMMI telah membentuk Hyundai Academy, pusat pelatihan lulusan SMK yang diharapkan bisa bekerja di Hyundai ataupun sertifikasi tenaga ahli yang bekerja di pengembangan mobil listrik lain.

Tahun ini tercatat sudah ada 1.000 calon tenaga kerja lulusan SMK serta Guru SMK.yang terpilih untuk melakukan pelatihan di Hyundai Academy.

"Kami terus mendorong perusahaan seperti Hyundai atau otomotif lain untuk menyerap tenaga kerja lokal. Hyundai juga membuka pelatihan untuk lulusan SMK yang nantinya diharapkan bisa bekerja di sini ataupun perusahaan otomotif lainnya," ucap dia.

President of Hyundai Motor Asia Pacific Sunny Kim mengatakan All-New KONA Electric merupakan mobil listrik produksi Indonesia yang menandai komitmen menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif, bukan hanya menggunakan baterai buatan Indonesia namun juga tenaga baterai sel buatan lokal.

Dia mengaku pemakaian produk lokal pada peluncuran mobil listrik terbaru Hyundai ini sebagai wujud dukungan perusahaan terhadap industri dalam negeri sekaligus kontribusi terhadap upaya mengurangi polusi dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

"Hyundai All-New KONA Electric merupakan mobil listrik pertama di Indonesia yang benar-benar diproduksi melalui seluruh rantai nilai produksi kendaraan listrik, mulai dari sel baterai, paket baterai hingga kendaraan jadi," kata dia.

Baca juga: Industri otomotif lesu, Gaikindo: Pemberian insentif diperlukan
Baca juga: Menperin jajaki peningkatan kerja sama industri otomotif dengan Jepang

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024