Jakarta (ANTARA) - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengenalkan inovasi terbarunya yang dibangun berdasarkan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) yaitu asisten suara berbahasa Indonesia yang diberi nama Dira.

"Dira by GoTo AI" memiliki keunikan karena menjadi pelopor pertama di industri tekfin (financial technology) sebagai asisten suara berbasis AI dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa penuturnya.

"Lahirnya solusi dari produk dan layanan GoTo berasal dari pemahaman kami yang sangat mendalam tentang Indonesia, dan ini juga tercermin pada GoTo AI. Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang,” kata GoTo Chief Operating Officer Hans Patuwo dalam keterangan resminya, Selasa.

Baca juga: Asisten Virtual BRI Sabrina siap layani masyarakat penuhi kebutuhan lebaran

Saat ini Dira telah hadir di aplikasi GoPay dan sudah dapat digunakan oleh sebagian pengguna dengan rencana ke depannya bakal terus diperluas ke seluruh pengguna sebelum nantinya juga akan dihadirkan di aplikasi Gojek.

Nama Dira berasal dari sebuah singkatan kata yaitu Dikte Suara. Sebagai asisten suara, Dira dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna khususnya dalam membantu mereka dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay dengan lebih mudah.

Aksesibilitas menjadi salah satu prioritas utama pengembangan Dira, karena diharapkan dengan kehadirannya maka masyarakat yang sebelumnya terkendala dengan akses keuangan bisa lebih mudah mendapatkan layanan keuangan secara digital.

Baca juga: Tecno umumkan asisten AI baru bernama "Ella" di MWC 2024

Maka dari itu pengembangan Dira juga disesuaikan agar bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia termasuk untuk lebih dari 97 juta orang dewasa yang belum mendapatkan layanan perbankan (unbanked) berdasarkan data World Bank di 2021.

“Aplikasi GoPay kami rancang dengan mengutamakan faktor kemudahan dan akses yang bisa menjangkau semua, sesuai dengan misi kami menyediakan layanan keuangan yang simpel dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis artificial intelligence yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua," kata Hans.

Adapun berikut beragam keunggulan dari Dira yang pertama ialah memberikan kemudahan untuk mempersingkat durasi dalam penyelesaian transaksi.

Baca juga: Telkomsel luncurkan asisten virtual "Veronika" terbaru

Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS. Dengan Dira, pengguna hanya perlu satu kali tap dan memberikan perintah suara untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan sehingga menghemat waktu.

Selanjutnya, Dira membantu pengguna dalam menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah, meminimalisasi pencarian manual di halaman utama aplikasi dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay.

Dari sisi aksesibilitas, Dira dirancang berukuran ringan sehingga dapat digunakan lewat perangkat gawai apa saja termasuk perangkat dengan kapasitas memori terbatas dan menariknya layanan ini bisa diakses tanpa biaya alias gratis.

Baca juga: BRI Insurance adopsi teknologi AI pada asisten virtual layanan nasabah

Bagi anda yang ingin menjajal layanan Dira di aplikasi GoPay pastikan telah memiliki aplikasi terbaru dan setelahnya anda bisa mengakses ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay untuk bisa langsung memberikan perintah suara.

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait. Transaksi yang bisa diakses oleh Dira di antaranya adalah bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa, mengganti PIN, dan banyak lainnya.

Sesuai dengan standar keamanan aplikasi GoPay, pengguna tetap diwajibkan untuk mengautentikasi transaksi dengan PIN dan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah. Tanpa verifikasi lebih lanjut, pengguna tidak akan dapat menyelesaikan transaksi apa pun.

Dira merupakan salah satu dari inovasi utama dari GoTo AI dan akan terus dikembangkan seiring dengan peningkatan kemampuan AI di seluruh layanan ekosistem GoTo.

Baca juga: Honda perkenalkan asisten pribadi virtual di aplikasi WhatsApp

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024